Ini Alasan Pegawai KPK Ramai-ramai Tolak Jenderal Bintang Dua Ini Jadi Pimpinan KPK 

Salahsatu calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Firli Bahuri yang berasal dari koprs kepolisan mendapat penolakan dari internal KPK

Ini Alasan Pegawai KPK Ramai-ramai Tolak Jenderal Bintang Dua Ini Jadi Pimpinan KPK 
kompas.com
Ini Alasan Pegawai KPK Ramai-Ramai Tolak Jenderal Bintang Dua Ini Jadi Pimpinan KPK  

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Salahsatu calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Firli Bahuri  yang berasal dari koprs kepolisan mendapat penolakan dari internal KPK

Bahkan tidak kurang dari 500 pegawai KPK dengan tegas menyatakan menolak Firli untuk menjadi pimpinan KPK di periode mendatang. 

Hal itu diungkapkan pegiat antikorupsi Saor Siagian dalam diskusi di Gedung KPK, Rabu (28/8/2019).

Menurut dia, penolakan itu adalah peringatan bagi Panitia Seleksi Capim KPK agar selektif dalam menyaring sepuluh nama capim KPK yang akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya bayangkan, saya bisa suarakan ini bukan hanya 200 tapi 500. Barangkali ini pesan kepada pansel apakah dia akan memilih orang yang akan ditolak, ya terserah. Tapi itulah peran-peran yang bisa kami lakukan sebagai publik," kata Saor.

Saor mengatakan, penolakan itu berasal dari penyidik dan pegawai lain yang merasa gelisah karena Firli pernah melanggar kode etik saat Firli menjabat sebagai Direktur Penindakan KPK dan tidak mengakuinya.

"(Gelisah karena) dia sudah berbohong. Dia bilang dia tidak pernah melanggar kode etik, ternyata tidak pernah komisioner bilang seperti itu. Berarti dia sudah bohong," ujar Saor.

Lantas, siapakah sosok Irjen Firli yang ditolak ratusan pegawai KPK?

Irjen Firli Bahuri adalah salah satu capim KPK dari unsur kepolisian yang lolos hingga tahap 20 besar.

Saat ini, Firli menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

Halaman
1234
Penulis: Romi Rinando
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved