Tiga Tengkorak Terpenggal, Gambarkan Bagaiamana Suku Inca Zaman Dulu Mengendalikan Demonstran

Masyarakat Inca kuno, yang diketahui muncul pada tahun 1200 mungkin telah menegaskan kekuasaan mereka mengendalikan demonstran dari tiga tengkorak ini

Tiga Tengkorak Terpenggal, Gambarkan Bagaiamana Suku Inca Zaman Dulu Mengendalikan Demonstran
intisari online
Ditemukan 3 Potongan Kepala Wanita Muda, Bagaimana Cara Penguasa Inca Kendalikan Kerusuhan Sosial Pada Zaman Dahulu? 

Tiga Tengkorak Terpenggal, Gambarkan Bagaiamana Suku Inca Zaman Dahulu Mengendalikan Demonstran

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Protes dan unjuk rasa ternyata sudah terjadi sejak jamamn dahulu. Sebuah penelitian mengungkapkan cara kejam orang zaman dahulu mengendalikan massa. 

Masyarakat Inca kuno, yang diketahui muncul pada tahun 1200 mungkin telah menegaskan kekuasaan mereka atas subyek yang tidak patuh dengan menunjukkan kepala demonstran yang terpenggal.

Dilansir dari IFLScience.com, Rabu (28/8/2019), hal itu diungkapkan dalam penelitian yang telah terbit dalam jurnal Latin American Antiquity.

Para arkeolog yang menggali Iglesia Colorada, salah satu permukiman bergaya Inca paling terkenal di Chili, telah menemukan tengkorak.

Tengkorak tersebut merupakan milik tiga wanita muda antara usia 16 dan 30 tahun dan tengkorak seorang anak yang dilemparkan ke tumpukan sampah kuno di samping tulang-tulang binatang.

Karakteristik tengkorak, seperti gigi yang kurang, menunjukkan bahwa keempat individu memiliki profil patologis yang sama, baik dari stres, infeksi, atau penyebab genetik.

Tengkorak-tengkorak itu semuanya memiliki kesamaan lain: masing-masing memiliki dua lubang bundar di lobus frontal dan yang ketiga di parietal.

Sehingga ketiganya dapat dirangkai menjadi satu dalam apa yang digambarkan oleh penulis sebagai "pertunjukan kekerasan yang mengejutkan dan kuat".

Metode kekuasaan semacam itu telah diamati di masyarakat kuno lain di wilayah tersebut.

Halaman
12
Penulis: Beni Yulianto
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved