Tribun Tanggamus

Pemkab Tanggamus Target Jadi Kabupaten Layak Anak

Menurut Fasilitator Kabupaten Layak Anak Toni Fisher, terwujudnya kabupaten layak anak harus melibatkan semua pihak.

Pemkab Tanggamus Target Jadi Kabupaten Layak Anak
Tribunlampung.co.id/tri y
Muara Indah Tanggamus - Pemkab Tanggamus targetkan kedepan menjadi kabupaten layak anak. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Pemkab Tanggamus targetkan kedepan menjadi kabupaten layak anak.

Menurut Fasilitator Kabupaten Layak Anak Toni Fisher, terwujudnya kabupaten layak anak harus melibatkan semua pihak. Dari mulai pemerintah, dunia usaha atau swasta dan masyarakat.

"Tanggamus terkenal dengan objek wisatanya, kenapa tidak fokuskan wisata ramah anak. Nanti itu bisa terintegrasinya dengan OPD lain, seperti BPBD, Dinas Sosial dan lainnya," kata Toni.

Ia menambah, kabupaten layak anak adalah kabupaten yang memberikan rasa aman, nyaman dan memberi kesempatan anak untuk berkembang. Itu penting sebab pembangunan ke depan akan dilanjutkan masyarakat yang kini masih anak-anak.

Sehingga majunya suatu daerah di masa mendatang tergantung kondisi anak-anak di daerahnya masa saat ini. Jika kondisinya buruk misalnya dari keamanan, kesehatan maka ke depan daerah itu akan menjadi buruk juga ke depannya.

Untuk itu ada enam klaster sebagai syarat terpenuhinya kondisi yang baik untuk anak-anak. Pertama, kelembagaan, hal sipil anak dan kebebasan, lingkungan anak dan pengasuhan alternatif.

Lalu kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus. Itu adalah kebutuhan anak dan suatu daerah harus bisa memenuhi itu agar jadi kabupaten layak anak.

Kemudian untuk mewujudkan itu suatu daerah bisa melakukannya bertahap. Seperti jika Tanggamus mulai tahun ini maka tahun depan ada penambahan program kegiatan untuk wujudkan kabupaten layak anak.

"Maka perlu peran masing-masing satker agar mereka terbuka dan memasukan program dukungan untuk anak. Sehingga nanti apa yang selama ini jadi rutinitas setiap hari, adalah bagian dari kabupaten layak anak," terang Toni.

Berita Tribun Lampung Terpopuler Jumat 30 Agustus 2019, Seorang Ibu Melahirkan di Penjara Sendirian

Ia menerangkan, untuk mewujudkan KLA di Tanggamus nanti akan ada pertemuan lagi untuk evaluasi rancangan program layak anak. Sehingga Tanggamus siap jadi kabupaten layak anak dan siap hadapi penilaian pada bulan April tahun 2020.

Lewat Tol Lampung, Bakauheni-Palembang Cuma 6 Jam, Lampung Pegang Rekor Tol Terpanjang di Indonesia

Menurut Bupati Tanggamus Dewi Handajani, untuk mewujudkan kabupaten layak anak telah dilakukan rapat bersama dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan dan forkopimda.

Sebab untuk pembentukannya perlu komitmen bersama. Lantaran beberapa persyaratan yang harus ada dan semua pihak berperan di dalamnya. Dan itu bisa dilakukan sampai ke tingkat bawah.

"Mulai saat ini dibentuk gugus kabupaten layak anak di Kabupaten Tanggamus. Harapannya ke depan terbentuk pekon layak anak, kecamatan layak anak, kabupaten layak anak," kata Bupati Tanggamus Dewi Handajani.

(Tribunlampung.oc.id/tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved