UM Metro

Tim PKM UM Metro Gelar pelatihan Ujicoba Input data Web Desa Banarjoyo.com

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Metro Gelar pelatihan Ujicoba Input data Web Desa Banarjoyo.com

Tim PKM UM Metro Gelar pelatihan Ujicoba Input data Web Desa Banarjoyo.com
Ist
Tim PKM UM Metro Gelar pelatihan Ujicoba Input data Web Desa Banarjoyo.com 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Tim PKM  yang dikomandoi oleh Dosen FEB dan FIKOM Universitas Muhammadiyah Metro yaitu Jawoto Nusantoro, Andiana Rosid, dan Sudarmaji, bersama aparatur desa menggelar acara pelatihan input data web Desa, di Banarjoyo Kecamatan Batanghari Lampung Timur, Rabu (14/8/2019).

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi program PKM Ristek Dikti yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 27/6/2019 dimana tim PKM menawarkan solusi bagi masyarakat khususnya aparatur desa Banarjoyo dalam menginformasikan seluruh kegiatan Desa, khususnya Transparansi dan Akuntabilitas Dana Desa. Sosialisisasi ini mendapatkan tanggapan positif dari aparatur desa dan masyarakat Desa Banarjoyo Kec Batanghari Kab.Lampung Timur.

Tim PKM UM Metro Gelar pelatihan Ujicoba Input data Web Desa Banarjoyo.com
Tim PKM UM Metro Gelar pelatihan Ujicoba Input data Web Desa Banarjoyo.com (Ist)

Sekretaris desa Banarjoyo, Sucipto mengatakan, “saat ini teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk seluruh aspek, termasuk dalam hal ini mempermudah bagi aparatur desa dalam menyampaikan informasi kegiatan Desa kepada masyarakat di tengah revolusi indutri 4.0” ujarnya.

Setelah diadakan sosialisasi program tersebut, selanjutnya Tim PKM dan melibatkan beberapa mahasiswa FEB dan FIKOM UM Metro kemudian mulai merancang sistem informasi Dana Desa yang disingkat dengan nama “SIMDANDES”. Proses pembuatan SIMDANDES ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan dan beberapa kali revisi sehingga sistem ini dapat diujicobakan.

Berdasarkan hasil uji coba ini, SIMDANDES dirasa sudah mencukupi untuk digunakan sebagai sarana penyebaran informasi kepada masyarakat desa Banarjoyo. Namun demikian, masih ada beberapa titik dimana SIMDANDES masih membutuhkan penyempurnaan dan sinkronisasi dengan WEB desa Banarjoyo.com, khususnya terkait dengan pemaparan Dana  agar lebih mudah digunakan (friendly user) oleh aparatur desa yang nantinya akan meneruskan pengaplikasian sistem ini.

Sembari dalam proses penyempuranaan, hingga sistem ini benar-benar dapat dipergunakan oleh aparatur desa, Tim memberikan pendampingan secara berkesinambungan melalui pelibatan peran mahasiswa FEB dan FIKOM Universitas Muhammadiyah Metro di desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari Lampung Timur. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved