Komunitas Sahabat Ceria Tumbuhkan Minat Baca Anak-anak

Satu lagi komunitas sosial di Lampung: KSC, singkatan dari Komunitas Sahabat Ceria.

Komunitas Sahabat Ceria Tumbuhkan Minat Baca Anak-anak
Istimewa
LAPAK BACA - Penggiat Komunitas Sahabat Ceria (KSC) Lampung menggelar lapak baca untuk anak-anak. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Satu lagi komunitas sosial di Lampung: KSC, singkatan dari Komunitas Sahabat Ceria. Komunitas ini menjadi wadah anak-anak muda yang peduli terhadap sesama.

Ketua KSC Lampung Danang menjelaskan salah satu kepedulian komunitasnya adalah menumbuhkan minat baca anak-anak.

"Kami menggelar lapak baca buku untuk anak-anak seminggu dua kali," katanya, Selasa (3/9/2019).

Danang mengungkapkan komunitasnya juga kerap membantu masyarakat kurang mampu secara ekonomi. Misalnya, dengan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis dan menyumbang perlengkapan sekolah kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Ketika berdiri pada 20 Desember 2018, anggota yang aktif di KSC Lampung hanya empat orang. Kini, jumlah anggota bertambah menjadi 10 orang dari beragam latar belakang. Ada yang bekerja sebagai tenaga honorer di kantor kecamatan, bidan, hingga wiraswasta.

Setiap kali kopi darat alias kopdar, para penggiat KSC mengevaluasi kegiatan yang telah berjalan sekaligus membahas program kerja berikutnya.

"Lokasi kopdar kami di sekretariat di Rumah Baca Sahabat Ceria, Desa Sukamulya, Kecamatan Palas, Lampung Selatan," ujar Danang.

Untuk berkomunikasi, para penggiat KSC Lampung melakukannya melalui grup aplikasi percakapan WhatsApp atau Line.

"Kalau ada yang ingin bergabung, bisa mengunjungi akun Instagram kami, @komunitassahabatceria," kata Danang.

Membangun sekretariat rumah baca pada awal inisiasi berdirinya KSC menjadi pengalaman berkesan bagi komunitas ini. Penggiatnya menyisihkan gaji hingga berjualan buah keliling demi mendirikan rumah baca tersebut.

"Kami punya tagline Edukasi, Humanity, dan Inspiratif. Besar harapan para anggota KSC Lampung selalu memiliki kekuatan untuk membantu sesama," harap Danang. 

Agenda terdekat KSC Lampung, yakni menyantuni anak yatim pada 10 September 2019.

Selain itu, Sekretaris KSC Lampung Rinda Mervela menyatakan pihaknya ingin berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dengan mendongeng.

"Setidaknya kami ingin meringankan beban anak-anak yatim, karena mereka membutuhkan perhatian. Kami akan memberikan perhatian itu," katanya. 

(Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved