Tribun Metro

Satu Jamaah Haji Metro Idap Flu Babi, Begini Instruksi Pairin untuk Penanganan

Wali Kota Metro Achmad Pairin meminta Dinas Kesehatan setempat melakukan pemantauan dan penanganan terkait virus flu babi

Satu Jamaah Haji Metro Idap Flu Babi, Begini Instruksi Pairin untuk Penanganan
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK APEL BERSAMA - Wali Kota Achmad Pairin saat apel bersama dalam rangka memeringati HUT RSUS ke-47 di Halaman RSUD Ahmad Yani, Rabu (4/9). 

Satu Jamaah Haji Metro Idap Flu Babi, Begini Instruksi Pairin untuk Penanganan  

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Wali Kota Metro Achmad Pairin meminta Dinas Kesehatan setempat melakukan pemantauan dan penanganan terkait virus flu babi yang dikabarkan menyerang salah satu jamaah haji.

Ia mengatakan, perintah penanganan dilakukan pasca diketahui adanya jamaah haji asal Kota Metro berinisial HFZ, warga Margorejo, Kecamatan Metro Selatan, terkena virus flu babi dan tengah menjalani perawatan isolasi di RSUD Abdul Moeloek.

Tertular Flu Babi di Makkah, Jemaah Haji Lampung Dirawat di RSUAM

"Ya, untuk Dinas Kesehatan saya sudah perintahkan tadi untuk memantau pasien bagaimana kondisinya. Serta untuk mencari tahu dimana atau dari mana pasien itu bisa terserang virus flu babi," tukasnya, Rabu (5/9).

Selanjutnya, ia juga meminta Kepada Dinas Kesehatan Kota Metro untuk berkoordinasi dengan provinsi, terkait bagaimana memberikan solusi atau langkah terbaik penanganan terhadap pasien yang teridentifikasi flu babi.

"Kita menyerahkan kepada Dinas Kesehatan untuk penanganan. Selain memantau, saya juga minta untuk mengambil langkah-langkah apa yang terbaik atas penanganan virus flu babi ini. Misal pemberian vaksin dan lainnya," bebernya.

117 Pekerja Pabrik Garmen di Vietman Terjangkit Flu Babi

Dikutip dari laman Depkes.go.id, flu babi disebabkan oleh virus influenza H1N1. Sama seperti virus influenza lainnya, virus tersebut akan menyerang sel-sel pada dinding hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Adapun gejala flu babi mirip dengan flu burung. Yaitu demam, batuk pilek, lesu, letih, nyeri tenggorokan, napas cepat atau sesak napas, mungkin disertai mual, muntah dan diare. Cara penularannya melalui udara dan dapat juga melalui kontak langsung dengan penderita dengan masa inkubasinya tiga sampai lima hari. 

Tergabung Kloter 28

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro membenarkan adanya jamaah haji setempat yang terkena virus flu babi dan sedang menjalani perawatan di Bandar Lampung.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Metro Muhlisin menjelaskan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan instansi terkait. Serta meminta Dinas Kesehatan melakukan pengecekan jamaah haji.

"Itu Bapak HFZ jamaah haji Metro asal Kelurahan Margorejo, yang bersangkutan tergabung di kloter 28. Saat tiba di Lampung pada Minggu (1/9) dini hari langsung ditangani oleh petugas medis untuk dibawa ke ruang isolasi RSUDAM," imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk mencegah hal serupa, pihaknya meminta tim kesehatan mengetatkan pencegahan sebelum berangkat dan sesudah pulang. "Karena kalau kami hanya bagian dokumen saja," tuntasnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved