Tribun Pringsewu

50 Persen Pencari Kerja Asal Pringsewu Pilih Merantau Bekerja ke Pulau Jawa

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pringsewu mencatat, 50 persen tujuan para pencari kerja ke Pulau Jawa.

50 Persen Pencari Kerja Asal Pringsewu Pilih Merantau Bekerja ke Pulau Jawa
Tribunlampung/Didik
pembuatan kartu kuning 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan Cahyono

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Pulau Jawa masih menjadi tujuan favorit para pencari kerja asal Pringsewu.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pringsewu mencatat, 50 persen tujuan para pencari kerja ke Pulau Jawa.

Kadisnakertrans Pringsewu Suheryanto mengatakan, presentase itu berdasar data pencari kerja (pencaker) Bidang Tenaga Kerja yang membuat kartu kuning, atau dokumen yang digunakan untuk kebutuhan melamar pekerjaan.

Tercatat dari Januari-Agustus 2019, sebanyak 1.299 orang membuat kartu kuning.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnakertrans Pringsewu Lekat menambahkan, ribuan orang yang membuat kartu kuning tersebut, 50 persennya mencantumkan daerah tujuan ke Pulau Jawa. Sisanya, di Pulau Sumatera.

Ayah Tiri Pelaku Rudapaksa Anak Diringkus

“Sedangkan Kabupaten Pringsewu sendiri hanya berkisar 10 persen sampai dengan 15 persen. Pringsewu belum menjadi daerah yang maksimal menyerap tenaga kerja,” ujarnya

Menurut Lekat, kabupaten setempat belum terdapat industri bisa mempekerjakan pegawai skala besar. Di Pringsewu mayoritas usaha retail, perdagangan, serta jasa.

Merujuk hal tersebut, Disnakertrans berupaya mengadakan pelatihan kerja. Pelatihan kerja kepada masyarakat menyesuaikan kemampuan anggaran.

Pasalnya, kemampuan anggaran daerah sangat terbatas, sementara jumlah pengangguran dinamis. "Kita berbuat semampu kita dengan memanfaatkan anggaran yang ada," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved