Tribun Lampung Utara

Jumlah Penderita ISPA di Lampung Utra Naik Lima Persen

Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara menyatakan tren penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) meningkat 5 persen dalam tiga bulan terakhir.

Jumlah Penderita ISPA di Lampung Utra Naik Lima Persen
Tribunlampung.co.id/Anung
Dinas kesehatan kabupaten Lampung utara membagikan masker kepada pengguna jalan, baik Pemotor maupun pengemudi mobil. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara menyatakan tren penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) meningkat 5 persen dalam tiga bulan terakhir. Ini terjadi lantaran memasuki musim kemarau di Kabupaten setempat.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara M. Yusuf menjelaskan faktor penentu tertinggi status derajat kesehatan masyarakat adalah faktor lingkungan termasuk debu yakni mencapai 40 persen. Sisanya adalah faktor perilaku, kebersihan lingkungan.

“Kalau jumlahnya saat ini capai ratusan. Sedangkan normalnya hanya berkisar 30 hingga 50 orang tiap bulannya. Laporan dari puskesmas belum masuk, jadi kami belum bisa jabarkan jumlah pastinya,” ujarnya, Jumat 6 September 2019.

Faktor lingkungan di daerah perkotaan biasanya disebabkan oleh polusi udara dan sanitasi yang kurang baik.

Penyebab kejadian ISPA banyak, bukan hanya disebabkan polusi udara. Namun, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah ada penyakit lainnya seperti asma, ataupun penyakit paru akut.

BREAKING NEWS - Bawa Ribuan Burung Liar Tanpa Dokumen, Ini Upah yang Diterima Sopir dan Kondektur

Ia mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dan pengendalian terhadap faktor penyebab ISPA.

"Hindari asap rokok dan jauhkan anak-anak dari paparan asap rokok. Anak-anak berisiko terkena serangan asma yang lebih sering dan berat, infeksi saluran pernapasan, dan sindrom kematian bayi mendadak,” katanya.

Dinas kesehatan kabupaten Lampung utara membagikan masker kepada pengguna jalan, baik Pemotor maupun pengemudi mobil.

“Masker yang dibagikan sebanyak 600 lembar,” jelas M. Yusuf, kabid pencegahan dan pengendalian penyakit, dinas kesehatan Lampung Utara.

Pembagian di lakukan di seputaran tugu payan mas, Kotabumi, Lampung Utara. Menurutnya, masker dibagikan untuk mencegah penyakit ISPA.

Promo TIX ID Diskon 50 Persen untuk Tiket Pertama Semua Film, Berlaku Sampai 8 September 2019

Nurdin, salah seorang pengendara motor mengaku senang dengan pemberian masker. Sebab saat ini, debu di jalan semakin banyak.

“Saat ini masuk musim kemarau. Jadi debu banyak. Kalau gak pakai helm tertutup atau masker, muka tampak kusam,” jelasnya.

Menurutnya, langkah cepat yang dilakukan dinas kesehatan dalam rangka mengantisipasi warga terkena penyakit di musim kemarau, Bisanya terjadi flu dan batuk.

(Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved