Tribun Way Kanan

Peringati Hari Jadi, Kampung Bumi Harjo Gelar Wayangan Semalam Suntuk

‎Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony mengatakan, Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kampung Bumi Harjo.

Peringati Hari Jadi, Kampung Bumi Harjo Gelar Wayangan Semalam Suntuk
Istimewa
Masyarakat Kampung Bumi Harjo, Kecamatan Buay Bahuga, Way Kanan menggelar ‎wayang kulit semalam suntuk, Sabtu (7/9/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BUAY BAHUGA - Masyarakat Kampung Bumi Harjo, Kecamatan Buay Bahuga, Way Kanan menggelar ‎wayang kulit semalam suntuk, Sabtu (7/9/2019).  

‎Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony mengatakan, Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kampung Bumi Harjo.

Dia menjelaskan, Way Kanan memiliki ragam kebudayaan karena penduduknya terdiri dari berbagai macam suku.

"Dalam kenyataannya, banyak sekali generasi muda yang kurang peduli dengan budaya yang merupakan peninggalan nenek moyang kita. Untuk itu, perlu diadakan sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya di masyarakat," kata Edward dalam rilisnya, Minggu (8/9/2019).  

?Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony (kanan) menghadiri acara ?wayang kulit semalam suntuk yang digelar di Kampung Bumi Harjo, Kecamatan Buay Bahuga, Way Kanan, Sabtu (7/9/2019).
?Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony (kanan) menghadiri acara ?wayang kulit semalam suntuk yang digelar di Kampung Bumi Harjo, Kecamatan Buay Bahuga, Way Kanan, Sabtu (7/9/2019). (Istimewa)

Menurut dia, kearifan nilai budaya lokal mulai tergeser transformasi dan peradaban sosial, sehingga lambat laun akan mengalami kepunahan.

Itu jika tidak sejak dini dilakukan revitalisasi terhadap nilai nilai tradisi yang ada.

Bupati Adipati Hadiri Gelaran Wayang Kulit di Bumi Agung Dalam Rangka Peringati Tahun Baru Hijriah

OJK Edukasi Masyarakat lewat Wayangan Semalam Suntuk di Way Jepara Lampung Timur

Kecenderungan terjadinya pergeseran nilai-nilai budaya menuntut semua pihak untuk terlibat dalam pelestarian budaya bangsa.

Oleh karena itu, Edward mengapresiasi pertunjukan wayang kulit dalam rangka hari jadi Kampung Bumi Harjo.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi yang kaya dengan kearifan dan tata nilai yang khas,” ujarnya.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini akan menumbuhkembangkan minat generasi muda untuk memahami adat istiadat kita. Sehingga adat istiadat leluhur yang tak ternilai harganya tetap lestari dan dikenal masyarakat," tandas Edward.‎ (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved