Tribun Metro

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Siswa SMP Diberi 15 Menit Pidato Bahasa Lampung

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Siswa SMP Diberi 15 Menit Pidato Bahasa Lampung

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Siswa SMP Diberi 15 Menit Pidato Bahasa Lampung
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK BERI PENJELASAN - Kepala Dispusarda Syachri Ramadan menjelaskan agenda Hari Kunjung Perpustakaan, Selasa (10/9). 

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, Siswa SMP Diberi 15 Menit Pidato Bahasa Lampung

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Menyambut Hari Kunjung Perpustakaan (HKP), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro menggelar lomba pidato bahasa Lampung.

Kepala Dispusarda Syachri Ramadan mengatakan, lomba pidato bahasa Lampung terbuka untuk siswa SMP sederajat se-Kota Metro, dengan tema Juk Pai Bukumeu (Berikanlah bukumu). Dalam lomba ini setiap peserta diberi kesempatan 15 menit menyampaikan materi.

Dijelaskannya, ada beberapa kegiatan memeringati HKP tahun ini, yang akan sedikit berbeda dengan tahun lalu. Seperti gerakan donasi buku, juga akan digelar talkshow yang mengangkat beberapa tema, mulai dari tema literasi, ekonomi kreatif dan lainnya.

"Nah, untuk talkshow, kita menghadirkan tokoh literasi dan penulis nasional Boy Chandra. Dengan harapan dapat memberikan motivasi dan menginspirasi masyarakat, terutama anak-anak muda Metro yang berkaitan dengan literasi," terangnya.

Dispusarda juga akan membuat gelaran 100 meter lorong lapak baca. Di dalamnya berisi materi bahan bacaan dan inklusi sosial yang lebih menampilkan produk hasil literasi. Serta bazaar dan bedah buku, pameran foto arsip bernilai sejarah, foto booth serta pameran sketsa.

Dinas Perpustakaan Disuntik Dana Alokasi Khusus Rp 1,4 M

Syachri menambahkan, peringatan HKP 2019 di Kota Metro melibatkan banyak pihak. Mulai dari perguruan tinggi, komunitas literasi, komunitas seni, budaya, dan berbagai organisasi lainnya yang ada di wilayah setempat.

"Memang kegiatan ini selain sebagai sarana mempromosikan eksistensi perpustakaan, juga untuk mendorong minat baca masyarakat," imbuhnya. HKP 2019 akan diselenggaran mulai 24 September hingga 26 September.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro berharap perpustakaan bisa menjadi katalisator perubahan budaya dengan berbagai pendekatan dalam pelayanan yang telah ada.

"Kami berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Proaktif membantu dalam mengembangkan keterampilan dan jejaring sosial," beber Kepala Dispusarda Syachri Ramadan.

Dengan demikian, layanan yang ditawarkan perpustakaan harus dapat diakses oleh semua yang membutuhkan dan merangkul kalangan seluas mungkin. Dimana saat ini Perpusda Metro telah menyediakan layanan online menyiapkan 2.100 eksemplar buku berbagai judul dalam e-Book. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved