Tribun Metro

Syarat Dukungan Balon Jalur Independen Minimal 50 Persen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mengimbau bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan maju melalui jalur independen

Syarat Dukungan Balon Jalur Independen Minimal 50 Persen
Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak
Ketua KPU Kota Metro Sukatno 

Syarat Dukungan Balon Jalur Independen Minimal 50 Persen

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mengimbau bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan maju melalui jalur independen pada Pilkada 2020, segera mengumpulkan berkas persyaratan dukungan.

"Saat ini tahapannya sudah mulai. Kemarin sudah kita umumkan kepada seluruh masyarakat yang ingin maju Pilkada melalui jalur perseorangan atau independen segera mengumpulkan dukungan masyarakat," bebernya, Minggu (15/9).

Dijelaskannya, untuk syarat jumlah dukungan jalur perseorangan yakni 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada di Kota Metro. Artinya, calon independen harus memiliki dukungan masyarakat minimal dari tiga kecamatan yang ada di Kota Metro.

"Kita kan memiliki lima kecamatan. Nah, format dukungan masyarakat itu harus sesuai dengan aturan KPU dengan melampirkan surat pernyataan dukungan dari masyarakat dan fotocopy e-KTP. Kalau tidak sesuai dengan format itu, ya tidak diterima," katanya lagi.

Pilwakot Metro 2020, KPU Ajukan Rp 21 Miliar

Setelah terkumpul sesuai ketentuan, calon independen dapat menyerahkan syarat dukungan ke KPU mulai tanggal 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020. Setelah itu, syarat akan diverifikasi adminstrasi dan faktual oleh KPU. Jika sudah selesai dan sesuai dengan kuota yang ada di peraturan KPU, maka pasangan calon indepen bisa mendaftarkan diri.

"Nah, sebelum itu, ada syarat jumlah minimal calon perseorangan yang akan ditentukan pada tanggal 25 November sampai tanggal 8 Desember 2019. Makanya kita umumkan segera bagi calon independen untuk memenuhi syarat-syarat yang ada," imbuhnya.

PAN dan PKS Jajaki Koalisi Pilwakot Metro 2020

Adapun UU No 10/2016 tentang Pilkada menyebutkan syarat minimal dukungan bagi kandidat yang maju lewat jalur independen di pilkada kabupaten/kota berkisar 6,5 hingga 10 persen. Penentuannya didasari jumlah penduduk tiap-tiap wilayah.

Ketua KPU Kota Metro Sukatno memerkirakan jumlah calon kepala daerah yang akan mendaftar pada Pilkada 2020 bisa mencapai enam pasangan calon.

"Kalau kita hitung berdasarkan perolehan suara partai pada Pileg 2019, Pilkada tahun depan bisa diikuti enam pasangan calon. Ini berasal dari koalisi partai maupun jalur independen. Kita asumsikan bisa enam pasang calon," bebernya.

Ia menilai, semakin banyak jumlah calon kepala daerah akan semakin baik. Karena akan ada banyak pilihan bagi masyarakat. Sehingga adu visi misi untuk merebut hati masyarakat Metro semakin menarik.

Harapannya, dapat menghasilkan pemilu yang demokratis dan pemimpin berkualitas.
"Nah, yang masalah itu justru kalau cuma satu calon. Ini artinya demokrasi kurang berjalan baik kalau satu calon saja. Justru semakin banyak, semakin baik," tuntasnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved