Tribun Lampung Tengah

Cegah Lakalantas, Dishub Beri Pelayanan Cek Rem dan Lampu Kendaraan Gratis

Rem kendaraan blong menjadi salah penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Cegah Lakalantas, Dishub Beri Pelayanan Cek Rem dan Lampu Kendaraan Gratis
Tribunlampung.co.id/Syamsir
Pelayanan cek rem blong dan lampu kendaraan oleh Dinas Perhubungan Lampung Tengah. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,GUNUNGSUGIH - Rem kendaraan blong menjadi salah penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Untuk itu Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Tengah menaruh perhatian terhadap hal tersebut.

Sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir kecelakaan, Dishub membuat terobosan bagi yang para pemilik kendraan, yakni dengan menjalankan program pelayanan pemeriksaan rem dan lampu gratis.

Kepala Dishub Lamteng Syukur Kersana, Kamis (19/9/2019) menjelaskan, program pelayanan pemeriksaan rem blong dan lampu kendaraan gratis.

"Program ini sudah berjalan, pemilik kendaraan bisa memeriksakan rem dan lampu kendaraan secara gratis. Pelaksanaannya berjalan di kantor Dishub Lamteng dan seluruh UPT di kecamatan," terang Syukur Kersana.

Syukur melanjutkan, bagi pemlik kendaran untuk tidak ragu memeriksakan kondisi rem dan lampu kendaraan, karena program itu dilaksankan gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun.

Trauma Seusai Dicabuli Tetangga Sendiri, Siswi SMP di Lampung Tengah Mengurung Diri di Kamar

"Kenali gejala rem blong, jadi kita jangan menunggu terjadi dulu peristiwa baru kita mau periksa kondisi kendaran kita. Program pelayanan ini untuk kendaraan roda empat atau lebih," imbuhnya.

Syukur juga mengajak pemilik kendaraan untuk mengenali kondisi rem kendaran kurang berfungsi, seperti pedal rem terasa ringan atau terlalu dalam, rem bergetar, rem keras tidak pakem, dan lain sebagainya.

"Program ini berjalan atas instruksi Bapak Bupati Loekman Djoyosoemarto, bahwa OPD diminta untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dishub sudah memulai inovasi peningkatan pelayanan secara gratis khususnya pelayanan cek rem dan cek lampu pada kendaraan bermotor khususnya roda empat atau lebih," tandasnya.

Rasid, salah seorang sopir bus menyambut baik adanya program pelayanan cek rem dan lampu kendaraan gratis oleh Dishub Lamteng.

Menurutnya, tidak dipungkiri pengecekan rem dan lampu kendaraan secara rutin, jarang sekali dilakukan oleh sejumlah sopir bus.

"Jujur saja memang itu (pemeriksaan rem dan lampu) jarang dicek secara rutin. Terimakasih Dishub sudah memberikan pengecekan rem dan lampu ini secara gratis," katanya.

(Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam)

Penulis: syamsiralam
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved