Komunitas Arsa Lampung Ingin Berbagi Kebahagiaan dengan Anak-Anak di Pelosok

Berbagi kebahagiaan dengan anak-anak di pelosok menjadi misi Komunitas Arsa Regional Lampung. Caranya dengan melakukan kegiatan Safe.

Komunitas Arsa Lampung Ingin Berbagi Kebahagiaan dengan Anak-Anak di Pelosok
dok Komunitas Arsa Regional Lampung
Komunitas Arsa Regional Lampung 

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Berbagi kebahagiaan dengan anak-anak di pelosok menjadi misi Komunitas Arsa Regional Lampung. Caranya dengan melakukan kegiatan Sharing and Fun Educating (Safe).

Founder Komunitas Arsa Regional Lampung Risky Nirmala mengatakan, Safe merupakan kegiatan belajar sambil bermain. Dalam kegiatan itu juga siswa diberikan pengetahuan mengenai nilai moral, semangat, serta motivasi untuk sekolah dan menggapai cita-cita.

Safe menjadi kegiatan rutin komunitas namun waktunya tidak ditentukan. Tergantung kesiapan komunitas dan sekolah dasar, tempat kegiatan Safe berlangsung.

Kegiatan Safe pertama dilakukan tanggal 14-15 September 2019, bertepatan dengan satu hari setelah hari jadi komunitas yang pertama. Lokasinya di SD Negeri 9 Punduh Pidada, Desa Pagar Jaya Kecamatan Punduh Pidada.

Saat kegiatan Safe berlangsung di tanggal 14 September 2019, setiap kelas diberikan tema yang berbeda-beda. Seperti kelas satu berbeda dengan kelas dua. Lalu volunteer komunitas akan mengajar sesuai dengan tema selama dua jam.

Setelah selesai mengajar, volunteer mengantar siswa yang rumahnya dekat untuk pulang. Sesampai dirumah, volunteer membantu siswa untuk menempelkan kertas yang bertuliskan cita-cita siswa tersebut dikamarnya.

Tujuannya, agar setiap masuk kamar, ia akan melihat kertas bertuliskan cita-cita itu, dan menjadi termotivasi untuk terus mengejar cita-citanya, walaupun ia tidak tinggal dikota. Jika termotivasi, ia akan terus belajar dan sekolah setinggi-tingginya.

"Kemudian tanggal 15 September 2019, ada penyuluhan mengenai cuci tangan, sikat gigi, dan membuang sampah. Penyuluhan diberikan oleh anggota komunitas dan volunteer," ujar Risky.

Selain itu, dalam kegiatan Safe, ada kegiatan pembagian donasi kepada siswa berupa tas dan peralatan sekolah. Tas sekolah berasal dari Komunitas Panther Mania Chapter Lampung dan Ves Community Lampung.

Halaman
12
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved