VIDEO Pemkab Lampung Selatan Akan Bentuk Satgas Karhutla

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersama kepolisian dan TNI serta instansi terkait lainnya segera akan membentuk Satgas Karhutla.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersama kepolisian dan TNI serta instansi terkait lainnya segera akan membentuk Satgas Karhutla.

Ini terungkap dalam rapat koordinasi lintas instansi yang digelar di aula Krakatau komplekss kantor bupati setempat, Rabu (25/9/2019).

Rapat dipimpin oleh SekKab Lampung Selatan Fredy SM dan dihadiri oleh Kapolres Lampung Selatan AKBP M Syarhan, unsur Kejari Kalianda, Pengadilan Negeri Kalianda, dan Kodim 0421.

Fredy SM mengatakan, langkah cepat diperlukan untuk menangani terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga tidak meluas dan menimbulkan ancaman asap yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat.

Selain itu juga perlu ada langkah penyadaran kepada masyarakat agar mereka tidak melakukan aktivitas pembakaran saat membuka atau membersihkan lahan mereka pada saat musim kemarau seperti sekarang.

“Tentu dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak juga sangat penting. Karenanya Satgas Karhutla ini akan diisi dari berbagai instansi dan juga unsur masyarakat. Seperti dari unsur Pramuka dan pencinta alam,” kata dia.

5 Kasus Karhutla di Lampung, Polda Lampung Baru Tetapkan 1 Tersangka

Di ILC TVOne, Fadli Zon Kritik Keras Sikap Jokowi Tangani Karhutla

Kapolres Lampung Selatan AKBP M Syarhan menekankan pentingnya koordinasi dan kesiapsiagaan. Langkah cepat dalam penanganan karhutla sangat diperlukan agar kebakaran tidak meluas.

“Kesiapsiagaan ini penting. Seperti untuk sarana mobil pemadam kebakaran. Serta mobil penyuplai air. Juga kesiapsiagaan petugas,” terang dia.

Ia juga menyinggung terkait dengan kesiapan dukungan anggaran.

Ia mengatakan penanganan kasus kebakaran lahan dan hutan ini bersifat kotijensi (kasuistik).

Sementara itu dari data Satpol PP dan Damkar Lampung Selatan sejak Januari lalu, setidaknya telah terjadi lebih dari 40 kasus kebakaran lahan.

Kasus itu dominasi aktivitas warga yang membersihkan lahan pertanian (kebun jagung) dengan cara membakar.

(tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Videografer Tribunlampung.co.id/Ikhsan Dwi Nur Satrio

Penulis: ikhsan dwi nur satrio
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved