Tribun Way Kanan

Adipati Buka Lomba MTQ Tingkat Kabupaten Way Kanan

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya membuka lomba Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-16 tingkat Kabupaten Way Kanan.

Adipati Buka Lomba MTQ Tingkat Kabupaten Way Kanan
Tribunlampung.co.id/Anung
Adipati Buka Lomba MTQ Tingkat Kabupaten Way Kanan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, REBANG TANGKAS - Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya membuka lomba Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-16 tingkat Kabupaten Way Kanan Kp Lebak Peniangan, Kecamatan Rebang Tangkas.

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengatakan ‎saat ini kita semua telah banyak dipengaruhi oleh tayangan TV dan Internet dengan acara dan program yang berdampak kurang baik, terutama anak-anak remaja.

Untuk menangkal efek negatif, Pemerintah Kabupaten Way Kanan melaksanakan penuntasan buta aksara Al-Qur’an, berupa memberikan insentif kepada guru ngaji dan melaksanakan Musyabaqoh Tilawatil Quran dari Tingkat Kecamatan hingga tingkat Kabupaten.

Dari sisi pendidikan upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah.

Selain itu juga mencanangkan gerakan “Way Kanan Mengaji” terutama untuk siswa sekolah menengah.

Pehaman Al-quran sangat penting berguna memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak, serta menciptakan generasi-generasi rabbani nan qur’ani, yang handal dan berakhlakul karimah.

DPRD Lampung Teruskan Tuntutan Mahasiswa Aksi Unjuk Rasa Tolak Revisi UU KPK ke Gubernur Lampung

"Melalui momen MTQ ke-16 ini saya mengajak kita semua untuk senantiasa membumikan Al Quran, dalam arti menghiasi rumah dan lingkungan kita dengan ayat-ayat Al Quran"

Sewa 5 Pembunuh Bayaran, Ibu Kandung Bunuh Anak Tunggal Beristri 4, Alasannya Orientasi Seksual

"Mari kita galakkan TPA, Majelis Ta’lim, Majelis Dzikir dan pengajian-pengajian di Mushala, masjid-masjid, dan bahkan paling penting di rumah kita, mari ajarkan Al Quran sejak dini kepada anak-anak kita, dengan demikian Al Quran akan tetap menghiasi keluarga kita," katanya, Sabtu 28 September 2019.

Kepada peserta yang terpilih sebagai juara nantinya diharapkan agar dapat meningkatkan lagi kemampuan dan prestasinnya. Selain itu juga bagi yang belum terpilih sebagai juara agar terus belajar sehingga dimasa-masa mendatang dapat meningkatkan prestasinya lagi.

Dirinya berharap dari kegiatan MTQ ke-16 akan melahirkan Qori dan Qori’ah, Hafiz , Hafizah, Mufashir Mufhasiroh dan khot khottotoh terbaik Kabupaten Way Kanan yang akan dapat mengulangi prestasi gemilang pada tahun 2018 diajang MTQ tingkat Provinsi Lampung menempati juara ke-2 dan tahun 2019 juara ke-3 dan pada MTQ tingkat Provinsi Lampung tahun 2020. "kita minimal harus bisa mempertahankan posisi yang pernah kita raih, bila memungkinkan ditingkatkan lagi pada MTQ ke-48 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2020 mendatang yang akan diselenggarakan di Kabupaten Prinsewu," ujarnya.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved