Tribun Bandar Lampung

1.282 Kepala Sekolah dan Guru TK Hadiri Peringatan Seabad TK Aisyiyah Bustanul Athfal

Muhammadiyah konsisten konsep pendidikan watak kepada peserta didik. Konsep itu sudah diterapkan sejak lama bahkan sebelum Indonesia merdeka.

1.282 Kepala Sekolah dan Guru TK Hadiri Peringatan Seabad TK Aisyiyah Bustanul Athfal
TRIBUN LAMPUNG/BAYU SAPUTRA
Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menghadiri peringatan 100 Tahun Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal (ABS) di GSG Unila, Senin (30/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Bayu Saputra

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menghadiri peringatan 100 Tahun Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) di GSG Unila, Senin (30/9/2019).

Dihadapan 1.282 kepala sekolah dan guru TK Aisyiyah ia menyatakan, Muhammadiyah konsisten konsep pendidikan watak kepada peserta didik.

Konsep itu menurutnya, sudah diterapkan sejak lama bahkan sebelum Indonesia merdeka.

“Pendidikan karakter watak dan akhlak hubungannya dari 99 atau sifat Allah. Manusia yang terlahir itu membawa kesucian, dan faktor ajar pendidikan sangatlah menentukan umat manusia,” katanya.

Din menilai, lembaga pendidikan Islam saat ini kurang menerapkan pendidikan karakter. “Ada pendidikan agamanya, tetapi praktiknya pengajaran memindahkan dari ilmu ke otak guru ke anak,” paparnya.

TK Aisyiyah 1 Enggal Kunjungi Tribun Lampung

Ia menambahkan, pendidikan Islam sejatinya berlandaskan value education atau pendidikan nilai dengan menanamkan pendidikan akhlak.

Untuk itu, Muhammadiyah selalu menekankan pendidikan berbasis Al Musawah atau persamaan manusia yang egaliter atau setara.

“Jangan pernah memandang anak kecil sebagai anak kecil dan pandanglah mereka punya fitrah kemanusiaan. Pendidikan berbasis cinta dan harus dengan kasih sayang bukan benci dan juga tegas dan keras,” papar Din.

Ketua Dikdasmen Aisyiyah Provinsi Lampung Rochmiyati menjelaskan, peringatan satu abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal sebagai bentuk kepedulian pimpinan Aisyiyah Muhammadiyah terhadap dunia pendidikan.

Kegiatan ini salah satu implementasi dari pada kebijakan pendidikan dasar.

TK Aisyiyah 2 Tanjungkarang Pusat Bersama Orangtua Kunjungi Tribun Lampung

“Di antaranya lain untuk meningkatkan kualitas guru dan taman TK ABA, bahwa untuk meningkatkan kualitas guru".

"Kita sengaja memberikan pemikiran dan bagaimana seharusnya seorang guru itu harus siap menghadapi era revolusi 4.0," kata Dosen FKIP Unila ini.

Bunda PAUD Lampung Riana Sari yang menghadiri kegiatan ini menerangkan, pendidikan anak sejak usia dini sangat penting.

"Apalagi periode saat ini sangat kritis dan hasil sampai dengan usai 4 tahun itu mencapai 50 persen kecerdasan, 8 tahun 80 persen dan 20 persen sisanya untuk usia 8 tahun ke atas," katanya. (*)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved