Tribun Tulangbawang

Dinas di Tuba Harus Sediakan Ruang Khusus Merokok

Pemkab Tulangbawang baru sosialisasi internal soal Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

Dinas di Tuba Harus Sediakan Ruang Khusus Merokok
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
RUANG KHUSUS - Sejumlah pegawai tengah bersantai sembari merokok di ruang khusus merokok yang telah disediakan di Sekretariat Pemkab Tuba, Kamis (3/10). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Pemkab Tulangbawang baru sosialisasi internal soal Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

Ini karena aturan turunannya, tepatnya peraturan bupati (perbup), yang mengatur secara teknis perda tersebut belum turun.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tuba Feriyani, mewakili Plt Kepala Diskes Fathoni mengatakan, sembari merancang perbup dari Perda KTR pihaknya sementara ini masih menyosialisasikan penerapan Perda KTR di internal Pemkab Tuba.

Taman Ayodya Jadi Proyek Percontohan Taman Bebas Rokok

"Kami sosialisasi dulu di lingkungan pemda. Biar membudaya dulu di lingkungan kita. Setelah itu kita buat perbup pelaksanaan KTR, baru setelah itu kita keliling sosialisasi lebih luas," terang Feriyani di kantornya, Kamis (3/10).

Dinas Kesehatan merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) yang bertanggung jawab terhadap perda tersebut.

"Jadi kita buat dulu rancangan perbup-nya setelah itu diserahkan ke Bagian Hukum," paparnya.
Dalam sosialisasi itu, juga diimbau setiap OPD agar menyediakan Anjungan Tempat Merokok (ATM) yang menjadi ruang khusus merokok.

"Setiap OPD harus menyediakan anjungan tempat merokok (ATM) yang menjadi tempat khusus bagi perokok, agar tidak mengganggu orang lain yang tidak merokok," tandasnya.

Pemkab Tulangbawang segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Dalam perda itu, telah ditetapkan zona-zona yang masuk kawasan tanpa rokok. Serta zona yang mengharuskan disediakan ruang khusus untuk merokok.

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved