Tribun Way Kanan

Way Kanan Raih Penghargaan STBM Award dari Menteri Kesehatan RI

Kabupaten Way Kanan meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan Tahun 2019.

Way Kanan Raih Penghargaan STBM Award dari Menteri Kesehatan RI
Dokumentasi humas way kanan
Way Kanan Raih Penghargaan STBM Award dari Menteri Kesehatan RI 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BLAMBANGAN UMPU - Kabupaten Way Kanan meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan Tahun 2019.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, dan diterima oleh Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof. Sujudi, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (02/10/2019).

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menjelaskan penghargaan ini diberikan kepada kabupaten Waykanan karena berhasil mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih higienis dan saniter melalui pendekatan STBM.

Menurutnya, Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah dalam kegiatan penuntasan akses sanitasi masyarakat, sebagai apresiasi kepada daerah yang telah berhasil pada pilar 1 (satu) STBM, dengan mengubah perilaku masyarakatnya tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), dan terus mengupayakan keberlanjutannya.

Berita Terbaru Penerimaan CPNS Oktober 2019, Jadwal Lengkap Seleksi CPNS Hasil Rakornas BKN

Dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, hanya ada 19 kabupaten/Kota yang meraih penghargaan tersebut.

"Salah satunya adalah kabupaten Way Kanan, yang merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Lampung yang memperoleh penghargaan tersebut pada tahun 2019," katanya, Kamis 3 Oktober 2019.

CPNS Pusing sampai Cari Utangan, Harus Bayar Rp 9,2 Juta untuk Bayar Diklat Prajabatan

Selain itu juga diserahkan penghargaan untuk Petugas Kesehatan Lingkungan Puskesmas (Sanitarian) Terbaik yang memiliki upaya dan inovasi dalam mendorong percepatan pencapaian ODF di wilayah kerjanya.

Penghargaan ini diberikan kepada 42 orang tenaga sanitarian se-Indonesia dari kabupaten/kota yang telah memperoleh stasus ODF.

Tenaga sanitarian Kabupaten Way Kanan yang memperoleh penghargaan tersebut adalan Partinah, A.Md. Kl, dari UPT Puskesmas Baradatu.

"Ada juga seorang sanitarian di Waykanan perolehan penghargaan dari program ODF," ujarnya.

Untuk upaya keberlanjutan STBM, untuk itu Kabupaten Way Kanan akan terus berinovasi untuk pencapaian 5 (lima) Pilar STBM, yaitu Stop BAB Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan, Pengelolaan Sampah, dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved