Dies Natalis ke-5 Itera, Tahun 2019 Sudah Luluskan 218 Mahasiswa

Rektor Itera Ofyar Z Tamin menyampaikan, pendirian Institut Teknologi Sumatera lahir atas dasar kebutuhan tenaga engineer berkualitas di Indonesia.

Dies Natalis ke-5 Itera, Tahun 2019 Sudah Luluskan 218 Mahasiswa
Tribunlampung.co.id/Sulis
Sambutan Rektor ITERA Ofyar Z Tamin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID. BANDAR LAMPUNG - Rektor Itera Ofyar Z Tamin menyampaikan, pendirian Institut Teknologi Sumatera lahir atas dasar kebutuhan tenaga engineer berkualitas di Indonesia.

Sehingga di tahun 2011 lalu, Pemerintah Republik Indonesia melakukan kajian pendidikan dan pembangunan.

"Salah satu hasil kajiannya menyebutkan bahwa jumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia berbentuk institut yang fokus pada bidang teknik dan natural sciences masih sangat sedikit dibandingkan bidang lainnya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)," ungkapnya dalam
Sidang Terbuka Institut Teknologi Sumatera, Dies Natalis ke-5/Lustrum ke-1 tahun 2019 dengan tema Elaborasi dalam Waktu di Aula Gedung Kuliah Umum Itera, Senin (7/10/2019).

Hasil kajian tersebut, melahirkan ITERA sejak 6 Oktober 2014. Sampai saat ini, ITERA telah dan sedang melaksanakan percepatan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana untuk menjamin terselenggaranya dengan baik kegiatan perkuliahan dan pelayanan administrasi.

Sejak tahun 2013 hingga sekarang, pembangunan gedung serta sarana prasarana sebanyak 34 unit terdiri dari 5 gedung perkuliahan/labtek, 4 asrama mahasiswa, 1 wisma, 6 embung, dan 18 unit sarana prasarana lainnya.

ITERA juga terus memperkuat sumber daya dosen dan tenaga kependidikan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Itera Dorong Generasi Milenial Paham Mitigasi Bencana

"Saat ini ITERA memiliki 340 Dosen tetap dengan 55 persennya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diprogramkan mengikuti pendidikan lanjut program doktor untuk mencapai target Guru Besar usia 45 tahun," papar Ofyar.

Selain itu, ITERA juga didukung 215 tenaga kependidikan yang juga diprogramkan mengikuti pendidikan lanjut strategis.

Itera Bersama IAU Latih Guru Dalami Pengetahuan Astronomi

Jumlah pegawai akan terus meningkat sejalan dengan hadirnya program-program studi baru dan kegiatan penelitian strategis ITERA.

Jumlah mahasiswa aktif ITERA secara kumulatif di tahun 2019 adalah 9.043 mahasiswa.

"Ini akan meningkat menjadi 18.205 mahasiswa pada tahun 2022, serta menjadi 64.035 mahasiswa pada tahun 2039," ungkapnya.

Di 2019 ini ITERA juga telah meluluskan 218 mahasiswa dari berbagai program studi yang ada.

"Mari kita songsong Itera ke depan yang lebih maju.Memberikan kontribusi berarti bagi peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan khususnya di bidang sains dan teknologi," tandasnya.(Tribunlampung.co.id/ Sulis Setia M)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved