VIDEO Amankan Duit Rp 728 Juta, KPK Ciduk 7 Orang dalam OTT di Lampung Utara

VIDEO Amankan Duit Rp 728 Juta, KPK Ciduk 7 Orang dalam OTT di Lampung Utara

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menjelaskan kronologis operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Senin, 7 Oktober 2019.

Dalam OTT KPK tersebut, Basaria menyebut, total uang yang diamankan tim KPK adalah Rp 728 juta. 

Basaria juga menjelaskan, kronologis OTT yang dilakukan berawal dari KPK menerima informasi akan adanya transaksi penyerahan uang terkait dengan proyek di Dinas Perdagangan di Lampung Utara.

"Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai akan adanya penyerahan sejumlah uang kepada Bupati, tim langsung bergerak ke rumah Dinas Bupati dan menangkap RSY sekitar pukul 18.00 WIB," jelas Basaria.

Selanjutnya, terus Basaria, penyidik mengalami sedikit kendala ketika hendak masuk ke rumah dinas Bupati karena tidak kooperatifnya beberapa pihak di tempat.

"Tim baru bisa masuk dan mengamankan Bupati AIM sekitar pukul 19.00 WIB," papar Basaria.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan Sebut Bupati Lampung Utara Sudah 3 Kali Terima Suap di Tahun 2019

KPK: Duit Suap ke Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara Melalui Orang Kepercayaannya Raden Syahril

Kemudian, kata Basaria, di rumah dinas Bupati, dari kamar AIM, tim mengamankan uang sebesar Rp 200 juta.

"Tim kemudian menuju rumah WHN, Kepala Dinas Perdagangan Lampung Utara dan mengamankannya pada pukul 20.00 WIB," terang Basaria.

Secara terpisah, lanjut Basaria, tim lain bergerak ke rumah SYH, Kepala Dinas PUPR Lampung Utara dan mengamankannya sekitar pukul 20.35 WIB.

"Dari SYH, tim mengamankan uang Rp 38 juta yang diduga terkait proyek. Kemudian, secara paralel, tim lain mengamankan RGI, pihak swasta di rumahnya pada pukul 21.00 WIB dan tim lainnya bersama RSY, orang kepercayaan Bupati kembali ke rumahnya dan mengamankan uang sebesar Rp 440 juta pada pukul 00.12 WIB," terang Basaria.

Halaman
1234
Penulis: ikhsan dwi nur satrio
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved