Tribun Tulangbawang Barat

Workshop Tiyuh Siaga Mandiri Mencari Potensi Pemuda Kreatif

Pemkab Tulangbawang Barat menggelar Workshop Tiyuh Siaga Mandiri di Berugo Cottage dan Uluan Nughik, Panaragan Jaya, Selasa (8/10).

Workshop Tiyuh Siaga Mandiri Mencari Potensi Pemuda Kreatif
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
Workshop Tiyuh Siaga Mandiri Mencari Potensi Pemuda Kreatif 

Workshop Tiyuh Siaga Mandiri Mencari Potensi Pemuda Kreatif

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN- Pemkab Tulangbawang Barat menggelar Workshop Tiyuh Siaga Mandiri di Berugo Cottage dan Uluan Nughik, Panaragan Jaya, Selasa (8/10).

Dalam workshop yang diikuti utusan tiyuh dari Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Udik, dan Tumijajar tersebut disajikan materi tentang pelatihan kerajinan bambu dan desain grafis.

Kegiatan itu rencananya akan berlangsung hingga Jumat (11/10) mendatang. Iwan Setiawan, Kepala Bidang di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh yang juga penyelenggara kegiatan mengatakan, Workshop Tiyuh Siaga Mandiri dimaksudkan untuk mencari potensi-potensi tiap tiyuh yang sasarannya adalah pemuda kreatif.

"Kita memberi stimulannya saja, ke depan kita harapkan tiyuh-tiyuh itu akan terdorong untuk mengembangkannya menjadi program tiyuh," ucap Iwan Setiawan.

35 Kajur Ikuti Workshop Penyusunan Skema Sertifikasi

Iwan mengatakan, konsep Tiuh Siaga Mandiri berangkat dari fenomena masyarakat di sekitar yang masih sangat tergantung dengan sektor pertanian, perikanan dan perkebunan.

Saat semua sektor itu lemah, maka bagaimana upayakan untuk meningkatkan kreativitas yang bisa menghasilkan nilai lebih.

Karenanya, dalam Workshop itu, didatangkan tenaga ahli untuk memberi pelatihan guna meningkatkan kualitas produk-poduk lokal, sehingga bisa lebih laku dipasar.

"Jadi kita sampaikan juga bahwa kita sudah banyak destinasi wisata, banyak orang berkunjung ke Tubaba, tapi belum banyak oleh-oleh yang bisa dibawa, dan masih sangat sulit kita nyarinya di mana, maka melalui kesempatan ini akan kita dorong kawan-kawan ini yang membuat produk walaupun sekecil apa pun untuk dikembangkan," paparnya.

Dosen UM Metro Ikuti Workshop Pengusulan Jenjang Jabatan Akademik

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved