Tribun Bandar Lampung

Imbas Pembangunan Jalan Tol, Petani di Tulang Bawang Alami Gagal Panen

Petani jagung banyak gagal panen akibat tidak adanya akses untuk menuju lahan pertanian. Saluran irigasi hanya 1x2 meter.

Imbas Pembangunan Jalan Tol, Petani di Tulang Bawang Alami Gagal Panen
Tribunlampung.co.id/Noval Andriansyah
Foto udara simpang susun jalan tol Kota Baru pada awal tahun 2018 lalu. Tol Terpanjang di Indonesia, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Akan Diresmikan 17 Agustus 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sejumlah warga masyarakat Ujung Gunung Menggala, Tulang Bawang menghadiri rapat pembahasan dampak pembangunan tol di Ruang Rapat Asisten II Pemprov Lampung, Senin (14/10/2019).

Rapat digelar terkait imbas pembangunan jalan tol terhadap kegiatan masyarakat wilayah setempat.

Supri, perwakilan warga Ujung Gunung Menggala Tulang Bawang mengatakan banyak kegiatan usaha pertanian dan nelayan warga yang ada di desa tersebut menjadi terhambat.

Ia mencontohkan, petani jagung banyak gagal panen akibat tidak adanya akses untuk menuju lahan pertanian.

Supri menjelaskan, saluran irigasi yang dibuat dalam pembangunan tol hanya 1x2 meter. Imbasnya, nelayan sulit mengakses irigasi yang masuk ke rawa yang menjadi tempat usaha nelayan.

Warga Terserang ISPA Imbas Pembangunan Jalan Penghubung Jl Khairil Anwar

"Jadi sejak 2017 sampai saat ini tidak ada perhatian kepada kami. Warga berharap Pemprov Lampung lebih memerhatikan kegiatan usaha baik tani maupun nelayan yang ada di desa kami,” terangnya.

Warga berharap, Pemprov Lampung membangun jembatan untuk memudahkan akses masyarakat melakukan kegiatan usaha.

"Harapan kita adanya perhatian keapada kami para petani dan nelayan untuk mencarikan solusi supaya kami dapat kembali usaha," kata Supri.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung Intizam mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi keinginan warga ke pemerintah pusat.

"Kewenangan tol ini ada di pusat. Jadi, kesimpulannya kita akan bantu mereka secara administrasi untuk menyampaikam keinginannya ke pusat," ujarnya. (*)

Penulis: kiki adipratama
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved