Tribun Bandar Lampung

Anggota UKPM Teknokra Unila Gemar Asah Kemampuan Jurnalistik

Belajar jurnalistik di kampus tak melulu dilakukan mahasiswa yang kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi atau jurnalistik saja.

Anggota UKPM Teknokra Unila Gemar Asah Kemampuan Jurnalistik
Dok Teknokra
Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Teknokra. 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Belajar jurnalistik di kampus tak melulu dilakukan mahasiswa yang kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi atau jurnalistik saja.

Mahasiswa berbagai program studi dapat memelajarinya melalui wadah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Satu contohnya, di Universitas Lampung ada Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Teknokra. Di sini, para anggota dapat mengasah kemampuan menulis karya jurnalistik, fotografi, dan lain sebagainya.

Pemimpin Umum UKPM Teknokra Unila Alfanny Pratama Fauzy mengatakan, di Teknokra, mahasiswa bisa belajar bidang redaksi jurnalistik dan usaha. Selain itu belajar kesekretariatan dan penelitian pengembangan.

Ia menambahkan, UKPM Teknokra juga rutin menerbitkan tabloid tiap dua bulan sekali atau enam kali dalam setahun. Kontennya terkait beragam informasi dan isu terhangat seputar kampus.

Menurutnya, pers kampus bukan sekadar humas kampus memberitakan hal informatif saja. Tapi lebih ke arah menjadi anjing penjaga kampus Unila atau watchdog.

Jurnalis Teknokra Sabet Juara Menulis Opini Nasional

"Kami berkarya sekaligus mengkritik kebijakan para pemimpin rektorat, fakultas, jurusan, prodi, hingga mahasiswa," terang mahasiswa FKIP angkatan 2015 ini kepada Tribun, Selasa (15/10/2019).

Selain itu, anggota UKPM Teknokra berkesempatan belajar teknik penulisan indepth reporting dan straight news. 

"Di luar itu kita juga menggelar in house training rutin untuk meningkatkan kompetensi kru, ada diskusi juga, bahkan aktif menggelar berbagai event terkait isu publik," tambahnya.

Halaman
123
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved