Tribun Tulangbawang

Diskes Sosialisasi Perda KTR, Sukarame Berstatus Desa Bebas Rokok

Dinas Kesehatan Tuba mulai gencar menyosialisasikan aturan itu dengan menggelar roadshow ke kecamatan-kecamatan.

Diskes Sosialisasi Perda KTR, Sukarame Berstatus Desa Bebas Rokok
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
SOSIALISASI - Tim Dinas Kesehatan Tuba yang dikomandoi Plt Kadiskes Fatoni saat sosialisasi Perda KTR di Kecamatan Dente Teladas, Selasa (15/10). 

Diskes Sosialisasi Perda KTR, Sukarame Berstatus Desa Bebas Rokok

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Pasca ditetapkanya Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok, Dinas Kesehatan Tuba mulai gencar menyosialisasikan aturan itu dengan menggelar roadshow ke kecamatan-kecamatan.

"Kemarin kita sosialisasi di Kecamatan Gedung Aji dan Meraksa Aji, dan hari ini (kemarin) di Kecamatan Dente Teladas di Puskesmas Way Dente dan Pasiran Jaya," terang Plt Kadiskes Fatoni, Selasa (15/10).

Fatoni mengatakan, sosialisasi dilakukan agar masyarakat memahami lokasi mana saja yang dilarang merokok. "Kita pengenalan KTR di setiap kecamatan. Nantinya juga akan dibentuk Tim Pelaksanaan KTR untuk sosialisasi ke semua kampung dan dapat menerapkan perda ini," paparnya.

Pemkot Diminta Pasang CCTV di Kawasan Bebas Rokok

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Feriany Said mengungkapkan, kawasan yang tidak boleh ada asap rokok, di antaranya tempat pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat ibadah, sarana olahraga dan tempat bermain anak.

Pasca ditetapkan Perda KTR, Feriyani mengatakan, untuk tempat umum seperti kantor-kantor harus menyediakan ruang tempat merokok yang disebut Anjungan Tempat Merokok atau ATM.

Untuk Kecamatan Meraksa Aji, lanjut Feriany, sudah mempunyai duta KTR, yaitu anak sekolah. "Kita juga telah memiliki Desa Bebas Rokok di Desa Sukarame," ungkap Feri.

Ke depan, dia berharap semua desa di Tulangbawang mempunyai inovasi desa KTR.

Sehingga ke depan, masyarakat Tulangbawang bisa sehat dan terbebas dari asap rokok.

RSUD Kota Agung Kesulitan Terapkan Kawasan Bebas Rokok

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved