Tribun Bandar Lampung

Mahasiswa Minangkabau Itera Gelar Dies Natalies Ke-4, Potong Ayam Hingga Talkshow

Mahasiswa Minangkabau Itera Gelar Dies Natalies Ke-4, Potong Ayam Hingga Talkshow

Mahasiswa Minangkabau Itera Gelar Dies Natalies Ke-4, Potong Ayam Hingga Talkshow
Tribunlampung.co.id/Sulis Setia M
Mahasiswa Minangkabau Itera Gelar Dies Natalies Ke-4, Potong Ayam Hingga Talkshow 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar acara Dies Natalies ke-4 di Gedung Kuliah Umum (GKU) Itera, Minggu (20/10/2019).

Acara dibuka dengan penampilan tarian Pasambahan (tari menyambut tamu) yang dibawakan mahasiswa IKM Itera.

Ketua Pelaksana Tomy Purwanto mengatakan, acara ini menjadi wadah berkumpulnya mahasiswa Minangkabau serta untuk memperlihatkan kebudayaan khas Minangkabau kepada umum dan khususnya di Itera.

"Ini sekaligus momen UKM Ikatan Keluarga Minangkabau Itera merayakan hari jadi yang ke 4 tahun dengan tema Sumangaik Rantau Junjuang Labuah Nagari (semangat perantau menjunjung daerah Minangkabau)," ujar mahasiswa Teknik Geomatika angkatan 2018 Itera ini, Minggu (20/10/2019).

Mata Berkaca-kaca, Istri Eks Kalapas Sukamiskin Curhat Jualan Nasi Uduk Karena Hal Ini

Acara dihadiri ratusan mahasiswa Minang Itera dan juga perwakilan UKM di setiap prodi yang ada di Itera.

"Akan ada pemotongan singgang ayam sebagai simbol ucapan syukur, ada juga talkshow, pengumuman lomba foto tema pesona Minangkabau (kategori umum dan siswa), dan pentas seni khas Minang," ungkap Tomy.

Terkait acara talkshow ada pembicara dari Bappeda Bandar Lampung diwakili sekretaris Herman Karim, Ahmad Ridwan selaku Sekretaris Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Provinsi Lampung dan dimoderatori dosen Itera Endo Febri Dani Putra.

"Tema besar talkshow terkait peran kebudayaan tradisional terhadap pembangunan daerah," tambah dia.

Harapan melalui acara ini, mahasiswa Minang bisa menerapkan perannya terhadap pelestarian budaya Minang dan pembangunan daerah baik di Minang maupun di Lampung.

Amankan Wilayah Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, Kapolres Lamteng Minta Seluruh Personel Siaga

"Karena filosofi orang Minang itu di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung (dima bumi dipijak disinan langik dijunjuang)," kata dia.

Setelah acara talkshow dan ishoma, dilanjutkan dengan pentas seni, arak-arakan kebudayaan Minang dari kantin rumah kayu Itera ke depan GKU Itera.

"Akan ada mahasiswa yang pakai baju adat khas Minang diiringi musik khas Minang. Bakal disambut dengan tari Gelombang di GKU," tandasnya. (Tribunlampung.co.id/ Sulis Setia M)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved