Tribun Lampung Tengah

8.000 Petani Kakao di Lampung Tengah Akan Dapat Bimbingan Teknis Pengolahan Kakao

8.000 Petani Kakao di Lampung Tengah Akan Dapat Bimbingan Teknis Pengolahan Kakao

8.000 Petani Kakao di Lampung Tengah Akan Dapat Bimbingan Teknis Pengolahan Kakao
Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam
8.000 Petani Kakao di Lampung Tengah Akan Dapat Bimbingan Teknis Pengolahan Kakao. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, SEPUTIH AGUNG - Sebanyak 8.000 petani kakao di Lampung Tengah, akan mendapatkan pelatihan bimbingan teknis pengolahan komoditi tersebut.

Kepastian itu setelah pemkab setempat melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT OLAM, Selasa (5/11/2019) di Omah BJW, Seputih Agung.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Lampung Tengah, Taruna Bifi, menerangkan, nantinya akan ada 8.000 petani kakao yang akan mengikut bimbingan teknis yang dilakukan oleh PT OLAM.

Dari total 8.000 petani kakao akan diseleksi lagi menjadi 5.000 petani kakao terbaik yang akan masuk ke tahap selanjutnya.

Prabowo Subianto Jadi Menteri Jokowi, Ahmad Dhani Sebut Kita dari Nol Lagi

"Untuk lahan pelatihan dan bimbingan tekhnis, Pemkab Lamteng telah menyiapkan lahan di Kecamatan Kalirejo kebun pembibitan yang nantinya akan menjadi tempat pelatihan bimbingan teknis bagi petani kakao," kata Taruna Bifi, Selasa (5/11/2019).

Bupati Loekman Djoyosoemarto dalam sambutannya mengatakan, segala upaya untuk meningkatkan kualitas hasil perkebunan terutama kakao dan sawit bisa terealisasi dengan baik apabila semua bekerjasama baik petani, pengusah, maupun pemerintah daerah.

Loekman juga mengatakan, kerjasama dengan PT OLAM akan mampu memberikan wawasan baru bagi petani kakao di Lampung Tengah, khususnya untuk peningkatan mutu dan hasil tanaman.

"Kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Lampung Tengah yang menjadi tujuan utama saya, oleh karena itu tidak henti-hentinya upaya dilakukan untuk mewujudkan ini. Kepada petani kakao mari kita semua bekerja sama sehingga bisa meningkatkan hasil perkebunan," ujar Loekman.

Menjerit Sakit Kepala setelah Minum Suguhan Kopi, 2 Warga Lampung Ditemukan Tewas Mengenaskan

Sementara Procrument Manager PT OLAM Indonesia Nikhil Kumar mengatakan, Lampung Tengah memiliki potensi kakao yang besar di Provinsi Lampung.

Nikhil berharap, kerjasama ini terjalin dengan baik dan petani Lampung Tengah akan dibimbing secara teknis bagaimana budidaya kakao yang baik.

PT OLAM juga memberikan bantuan berupa alat alat perkebunan kepada petani kakao yang hadir.(tribunlampung.co.id/syamsir alam)

Penulis: syamsiralam
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved