Tribun Bandar Lampung

Bawaslu Segera Buka Rekrutmen Panwascam, Minta Tiap Kecamatan Lakukan Ini

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandar Lampung segera lakukan perekrutan Panwascam untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Bawaslu Segera Buka Rekrutmen Panwascam, Minta Tiap Kecamatan Lakukan Ini
Dokumentasi Chandrawansyah
Ketua Bawaslu Bandar Lampung Chandrawansyah 

Laporan Reporter Tribunlampung Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandar Lampung segera lakukan perekrutan Panwascam untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Bandar Lampung Candrawansyah mengatakan pihaknya meminta tiap-tiap Kecamatan untuk menginformasikan pengadaan rekrutmen pengawas di tingkat Kecamatan.

Disamping itu, ia juga meminta di tiap-tiap kecamatan untuk melihat latar belakang yang harus sesuai dengan aturan. Yakni, bersih atau non partisan partai.

“Tentunya kita akan pantau betul bagaimana latar belakang dari calon Panwascam itu, kita turun ke lapangan, ” ujarnya via Whats App, Kamis (7/11/2019).

Selain itu, terus dia, jika pendaftar punya track record jelek ketika menjabat penyelenggara ataupun ketika bermasyarakat, akan dijadikan sebagai bahan Bawaslu dalam menilai kelayakan calon dimaksud.

Oleh karena itu, pihaknta juga meminta masyarakat untuk pro aktif memberi informasi ke Bawaslu saat perekrutan Panwascam.

"kami sangat berharap masyarakat turut serta menilai calon Panwas Kecamatan," ucap nya.

Saat ini, pihaknya mengaku sedang menunggu Surat Edaran dari Bawaslu RI terkait perekrutan panitia pengawas Ad Hoc untuk Pilwakot 2020.

Ia menyebut, Panwascam akan dibentuk satu bulan sebelum terbentuknya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Januari 2020.

Rencananya, Bawaslu akan melantik Panwascam pada Desember 2019

“Saat ini kami masih menunggu aturan resminya. Kemungkinan akhir November kita sudah perekrutan, ” ungkap nya.(Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved