Tribun Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Dukung Pembangunan TPA Regional Lampung di Register 40 Gedung Wani

Pihaknya mendukung Pemprov Lampung untuk segera membangun TPA Regional Lampung, yang direncanakan pembangunannya berada di Register 40 Gedung Wani.

Pemkot Bandar Lampung Dukung Pembangunan TPA Regional Lampung di Register 40 Gedung Wani
Tribunlampung.co.id/Sulis
Wali Kota Bandar Lampung Herman HN saat sidang paripurna di DPRD setempat 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung tengah menggodok kerjasama terkait permasalahan sampah terutama di tempat pembuangan sampah akhir (TPA) dan di Kota Tapis Berseri.

Walikota Bandar Lampung Herman HN menyatakan, seiring kemajuan Bandar Lampung sebagai ibukota provinsi Lampung, jumlah penduduknya terus bertambah sekitar 1,07 persen per tahun.

Dimana berdampak pada beragam hak seperti kepadatan lalu lintas, meningkatnya kebutuhan pemukiman, sanitasi, hingga permasalahan sampah.

Pihaknya mendukung Pemprov Lampung untuk segera membangun TPA Regional Lampung, yang sebelumnya sudah direncanakan pembangunannya berada di Register 40 Gedung Wani, ujung Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan.

"Ya di Bakung saya nggak bisa beli tanah, jadi saya nge-dump sampah. Sekitar 10 tahun masih kuatlah di Bakung, apalagi provinsi mau buat TPA regional artinya membantu mengurangi volume penumpukan sampah di TPA Bakung," kata Herman HN, Sabtu (9/11/2019).

Menurutnya demi mengurangi volume sampah, pemkot tengah mengupayakan pengefektifan pengolahan sampah plastik dengan mendaur-ulang kembali.

Pembangunan Dinding Penahan Sampah TPA Bakung Dikebut

"Kedepan di TPA Bakung ada pengolahan khusus sampah plastik, karena di Bakung itu ada beberapa juta ton sampah plastik terurai (bertebaran dimana-mana)," tambahnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sahriwansah menjelaskan, jika untuk sementara ini sampai dengan tahun 2020 mendatang pemkot belum merencanakan adanya penambahan lahan untuk TPA Bakung.

Pemkot tengah menunggu adanya program TPA Regional diatas lahan milik Pemrov Lampung.

"Untuk sementara ini kita tidak ada (penambahan lahan di Bakung), tahun depan juga nggak ada pembebasan tanah. Kita sudah ada wacana dari Gubernur yang akan membangun TPA regional, jadi sementara kita liat dulu ini, biar semuanya berjalan dulu," terang dia.

Halaman
12
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved