Breaking News:

Tribun Lampung Selatan

Pegiat Literasi Perahu Pusataka Bedah Rumah Warga yang Nyaris Roboh

Penggiat literasi Perahu Pusataka memberikan bantuan bedah rumah kepada Bahrudin (47), warga Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni

ISTIMEWA
Relawan Literasi Perahu Pusataka lakukan bedah rumah milik Bahrudin di Desa Totoharjo 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Penggiat literasi Perahu Pusataka  memberikan bantuan bedah rumah kepada Bahrudin (47), warga Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni yang kondisi tempat tinggalnya tidak layak huni.

Kegiatan bedah rumah ini mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitara yang juga ikut membantu.

Ratmiadi, dari penggiat literasi Perahu Pustaka mengatakan mereka mendapatkan informasi terkait dengan adanya warga yang kondisi tempat tinggalnya tidak layak dan sudah nyaris roboh.

Rumah Gunadi Menjadi Sasaran Bedah Rumah Pada Binter Terpadu Tahun 2019

Rumah milik Bahrudin tersebut terbuat dari geribik yang sudah termakan usia. Rumah milik Bahrudin ini berada di Dusun Karan Ibdah Desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni.

“Saat mendapatkan informasi, kita langsung meninjau dan bertemu langsung dengan kelaurga Bapak Bahrudin. Kondisi rumah sangat tidak layak, bocor disana-sini, sebagian lantasi masih tanah,” terang dirinya kepada Tribun, Minggu (24/11).

Menurut dirinya, saat itu Bahrudin dalam kondisi sakit. Dirinya dan relawan pun segera merujuk untuk berobat dengan seluruh biaya ditanggung oleh relawan dari Perahu Pustaka.

Ratmiadi mengatakan, saat tsunami akhir tahun 2018 lalu, perahu miliknya turut hancur diterjang gelombang. Sejak saat itu, beliau tidak lagi memiliki alat untuk melaut.

“Karena beliau tidak memiliki uang untuk modal membuat perahu baru. Beliau mengatakan, jangankan untuk memperbaiki perahu. Memperbaiki rumahnya yang sudah rapuh pun tidak ada biaya,” kata Ratmiadi yang juga merupakan kariyawan PT. ASDP cabang Merak ini.

Berkat bantuan dari berbagai donator melalui relawan penggiat literasi Perahu Pusataka, terkumpulkan dana dan juga material untuk melakukan kegiatan bedah rumah milik Bahrudin.

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved