UM Metro

Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Pendidikan Biologi UM Metro Adakan Praktikum di Kebun Raya Liwa

Usung Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Pendidikan Biologi UM Metro Adakan Praktikum di Kebun Raya Liwa.

Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Pendidikan Biologi UM Metro Adakan Praktikum di Kebun Raya Liwa
Ist
Usung Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Pendidikan Biologi UM Metro Adakan Praktikum di Kebun Raya Liwa 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro gelar praktikum lapangan ke berbagai lokasi di Lampung Barat. Kegiatan diikuti 60 peserta, terdiri dari mahasiswa dan dosen di program studi tersebut, pada 23-24 November 2019.

Usung Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Pendidikan Biologi UM Metro Adakan Praktikum di Kebun Raya Liwa
Usung Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Pendidikan Biologi UM Metro Adakan Praktikum di Kebun Raya Liwa (Ist)

Menurut Suharno Zen, M.Sc., saat ditemui sebelum bertolak ke Liwa-Lampung Barat, praktikum lapangan yang dilaksanakan oleh program studinya menyangkut beberapa mata kuliah yang secara teori telah diajarkan kepada mahasiswa di ruang kelas. Sehingga praktikum, menurutnya praktikum lapangan adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di lingkungan nyata setelah belajar teori.

“Pada praktikum lapangan ini kami gabungkan tiga mata kuliah, ada mata kuliah Ekologi, Botani Tumbuhan Rendah, dan Zoologi Avertebrata. Alasannya karena di lokasi tujuan praktikum terdapat objek-objek penelitian yang sesuai dengan ketiga MK tersebut,” jelas Pak Zen, sapaan akrab dari para mahasiswanya di Pendidikan Biologi UM Metro itu.

Sementara tujuan praktikum itu sendiri menurut Rasuane Noor, M.Sc., adalah untuk mengenalkan mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap berbagai spesies tumbuhan yang ada di Kebun Raya Liwa.

“Mata kuliah Ekologi sendiri itu adalah mata kuliah yang mempelajari hubungan timbal balik biotik dan abiotik baik hewan maupun tumbuhan, untuk itu sebagai masyarakat Lampung kami ingin mengenal dan mengamati berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang ada di daerah kita sendiri, khususnya di KRL. Apalagi pembelajaran kita saat ini menerapkan Scientific Approach,” ungkap Rasoane Noor, saat tiba di Kebun Raya Liwa, pukul 15.00 waktu setempat.

Sebelumnya, seorang asisten praktikum lapangan, Andre saat ditemui seusai sholat dzuhur di Masjid Islamic Center Liwa menyebut hal yang sama. Menurutnya lokasi praktikum pertama berada di Kebun Raya Liwa (KRL).

Di sana, lanjut Andre para mahasiswa Pendidikan Biologi yang saat ini duduk di semester 3 akan mengamati berbagai jenis tanaman yang ada di KRL.

“Praktikum di KRL nanti berkaitan dengan mata kuliah Ekologi, kebetulan saya asisten praktikum di kelompok ini. Teman-teman peserta praktikum kami bagi 5 kelompok, masing-masing kelompok ditugaskan mencari 5 jenis tanaman yang berbeda, lengkap dengan klasifikasi masing-masing tumbuhan yang mereka temukan,” ungkap Andre yang juga saat ini tengah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Biologi UM Metro.

Lebih jauh Andre juga menginformasikan bahwa lokasi Praktikum tidak hanya di Kebun Raya Liwa. Keesokan harinya, Minggu (24/11) mahasiswa praktikum akan melakukan penelitian dan pengamatan berbagai jenis hewan dan tumbuhan laut di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat.

Dari pantauan Humas UM Metro, kegiatan praktikum di KRL dipandu oleh Kasubag Tata Usaha Kebun Raya Liwa, Haryanto dengan turut diikuti dosen pendamping Pendidikan Biologi Rasoane Noor, M.Sc., Suharno Zen, M.Sc., dan Triana Asih, M.Pd. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved