Tribun Pesisir Barat

Satukan Visi dan Persepsi ORMAS/LSM, Pemkab Pesibar Gelar Forum Silaturahmi dan Pembinaan.

Pembinaan ORMAS/LSM bertujuan menyamakan pandangan dalam berpartisipasi secara aktif pada pembangunan nasional.

Istimewa
Forum Silaturahmi dan Pembinaan ORMAS/LSM Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (14/11/2019) di Aula Hotel Sartika Guest House. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID PESISIR BARAT - Kegiatan Forum silaturahmi dan pembinaan ORMAS/LSM Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (14/11/2019) di Aula Hotel Sartika Guest House. Hadir sebagai narasumber Wakapolres Lampung Barat Kompol Vicky Dzulkarnain dan Perwira Penghubung Kodim 0423 Mayor Inf Ihara Warsa.

Kepala Dinas Kominfo tedi Zadmiko SKM.,MM menyampaikan hadir dalam acara tersebut Bupati Pesisir Barat yang diwakili oleh Wakil Bupati Erlina, SP.,MH, Anggota forkopimda kabupaten pesisir barat dan lampung barat, jajaran pimpinan tinggi pratama, pejabat administator dan pejabat pengawas di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat, para pimpinan lembaga ormas dan LSM, tokoh masyarakat se-kabupaten pesisir barat.

Pembinaan ORMAS/LSM bertujuan menyamakan pandangan dalam berpartisipasi secara aktif pada pembangunan nasional.
Pembinaan ORMAS/LSM bertujuan menyamakan pandangan dalam berpartisipasi secara aktif pada pembangunan nasional. (Istimewa)

Bupati Pesisir Barat dalam sambutannya menyebutkan bahwa kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat merupakan hak asasi manusia dan dijamin dalam undang-undang dasar negara Republika Indonesia.

Salah satu wadah dalam menjalankan kebebasan dimaksud adalah melalui sebuah organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat (Ormas / LSM). Ormas adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan dan tujuan.

Masih menurut Bupati, Ormas/LSM dan bentuk serikat serta perkumpulan lainnya merupakan mitra pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bersama yang tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu lembaga-lembaga atau Ormas yang terbentuk, tumbuh dan hidup ditengah-tengah masyarakat diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berorientasi kepada pembangunan Nasional.

"Untuk itu, forum silaturrahmi dan pembinaan Ormas / LSM dipandang sangat penting dilakukan agar setiap Ormas mampu memahami akan hak dan tanggung jawabnya untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional demi tercapainya tujuan negara kesatuan Republika Indonesia yang berdasarkan pancasila." Ungkapnya

Pemkab Pesisir Barat menyambut baik kegiatan ini yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pesisir Barat, yang merupakan upaya kita untuk penyamaan persepsi dan pemahaman secara jelas dan gamblang terhadap satu hal terpenting yang perlu diingat bahwa, diperlukan komitmen bersama dari seluruh Ormas dalam memaknai dan memahami peran yang dibebankan dalam rangka membantu pelaksanaan pembangunan Nasional secara luas, lebih khusus peran aktif dalam medorong setiap program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Pesisir Barat.

Selanjutnya, peran Ormas / LSM selama ini dirasakan sangat efektif untuk menjaring aspirasi masyarakat karena hidup dan tumbuh dalam dan bersama-sama masyarakat. disisi lain pemerintah bertugas melakukan pembinaan dan memberikan dorongan dan pengayoman dalam rangka menumbuhkan organisasi yang sehat dan mandiri sehingga organisasi dapat menggerakkan kreatifitas dan aktivitasnya secara positif.

Pembinaan pemerintah kepada Ormas / LSM bukanlah indoktrininasi akan tetapi sebagai fasilitator dan regulator untuk menyatukan visi dan persepsi kita dengan tidak menghilangkan arti kebebasan berserikat dan berkumpul sesuai dengan tugas dan pengabdian kita masing-masing dan kesamaan visi dan persepsi bertujuan agar tidak terjadi miss-understanding yang pada akhirnya dapat mengundang konflik ditengah-tengah masyarakat.

Pemerintah wajib melakukan pembinaan dalam rangka pengembangkan dan mendayagunakan peran Ormas/LSM sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan secara swadaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan bertujuan agar keberadaan serta kegiatannya bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan sejalan dengan pembangunan daerah.

Saat ini Pemkab Pesisir Barat menempatkan organisasi masyarakat (Ormas) sebagai mitra kerja yang diharapkan partisipasi aktifnya untuk dapat bersama membangun Kabupaten Pesisir Barat menuju kesejahteraan masyarakat. perlu dijalin kerjasama yang baik, Ormas juga dituntut menjaga dan memelihara keamanan dalam kehidupan bermasyarakat demi terwujudnya Kabupaten Pesisir Barat yang madani, mandiri dan sejahtera.

"Untuk itu, mari kita ikuti sosialisasi ini dengan baik, semoga dapat membawa pencerahan kepada kita semua dalam berorganisasi. dan marilah kita saling membantu dan bahu - membahu, bergandengan tangan, samakan visi misi kita dalam rangka membangun Kabupaten Pesisir Barat yang kita cintai ini." Ungkapnya.

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved