Breaking News:

Penggelapan Dana Nasabah

Kadis Koperasi dan UKM Lamsel Mengaku Tak Tahu Legalitas BMT Dana Mulya Syariah

Ketut Sukerta mengaku belum mengetahui pasti terkait dengan perizinan BMT tersebut.

tribunlampung.co.id/hanif mustafa
Kadis Koperasi dan UKM Lamsel Mengaku Tak Tahu Legalitas BMT Dana Mulya Syariah 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Persoalan yang melilit Baitul Mal wa Tamwil (BMT) Dana Mulya Syariah (DMS) yang berada di jalan Radin Inten Kalinda Lampung Selatan mendapatkan perhatian publik.

Tribun pun menanyakan terkait dengan legalistas dari lembaga keuangan mikro syariah ini ke Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan, Ketut Sukerta.

Kepada tribun, dirinya mengaku belum mengetahui pasti terkait dengan perizinan BMT tersebut.

“Saya kurang paham. Nanti akan saya tanyakan pada bagian koperasi. Karena saya sedang ada kegiatan di luar,” kata dia kepada tribun, selasa (3/12).

Dari informasi yang tribun dapatkan, BMT DMS ini untuk izin pendiriannya resmi sebagai lembaga mikro keuangan (micro finance). BMT DMS ini memiliki kantor pusat di Candipuro.

Diketahui 9 nasabah BMT DMS mendatangi Polda Lampung. Mereka mengadukan pengelola BMT DMS. Pasalnya dana deposito, serta bagi hasil yang mengalami kemacetan. 

Suheri Menangis saat Lihat Kantor BMT Dana Mulya Syariah Tutup: Uang Saya Rp 100 Juta Hilang

Para nasabah menduka ada penggelapan dana milik mereka yang disimpan di BMT tersebut.

Nur Salim, warga asal Katibung mengatakan dugaan ada penggelapan ini bermula pada bulan Juli 2017, saat ada penggusuran lahan tol. Saat itu, dana ganti rugi lahan yang terkena tol belum lagi cair.

“Setelah penggusuran kan belumcair dana ganti ruginya. Dan kami ini butuh dana,makanya kami berani mengambil pinjamandi BMT,” kata  dia kemarin saat melapor ke Polda Lampung.

Nur menjelaskan, keberadian mengambil pinjaman ini setelah BMT memberikan keyakinan dengan memberikan dana pinjaman tanpa bunga.

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved