Tribun Bandar Lampung

Dinas Ketahanan Pangan Bandar Lampung Pastikan Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Nataru

Kadis Ketahanan Pangan Bandar Lampung I Kadek Sumarta memastikan jika stok dan harga pangan menjelang perayaan Natal dan tahun baru tetap terjaga.

Dinas Ketahanan Pangan Bandar Lampung Pastikan Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Nataru
Dokumentasi Tribunlampung.co.id
Ilustrasi I Kadek Sumarta (batik) - Dinas Ketahanan Pangan Bandar Lampung Pastikan Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Nataru. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bandar Lampung I Kadek Sumarta memastikan jika stok dan harga pangan menjelang perayaan Natal dan tahun baru tetap terjaga.

Terutama terkait kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi dan ayam, telur ayam, hingga susu.

"Mengenai stok pangan untuk Natal dan tahun baru sampai detik ini sampai diprediksi ke depan aman," ujar Kadek, Minggu (8/12/2019).

Namun begitu dia berharap cuaca tetap stabil sehingga terus berdampak positif terhadap kebutuhan stok pangan.

Karena, yang ditakutkan, cuaca ekstrim terjadi di masa peralihan kemarau ke penghujan sehingga dapat menghambat kelancaran distribusi.

"Hanya yang kita antisipasi adalah musim. Karena ini musim peralihan dari musim panas ke hujan. Kita berharap tidak terlalu ekstrim," paparnya.

Beredar Anggur Impor Diduga Berformalin, Ini Kata Kadis Pangan Bandar Lampung

Jika cuaca ekstrim, dikhawatirkan menghambat kelancaran distribusi baik dari Lampung ke Jawa maupun Jawa ke Lampung.

"Sementara ini, kebutuhan pangan mencukupi, harga stabil dan sepuluh kebutuhan bahan pokok aman,” jelas dia.

Mengenai prediksi kenaikan harga, pihaknya memang tak menampik jual nantinya akan mengalami kenaikan namun masih dalam batas wajar berkisar Rp 1.000-Rp 2.000 per kilogram.

“Sekarang belum, tapi kalau jelang Natal dan tahun baru biasanya naik dengan kenaikan yang wajar, seperti tahun-tahun sebelumnya, nanti kita lihat, karena ini musim peralihan,” tandas dia.

Warga Rajabasa Dwi Rahayu berharap harga kebutuhan pokok tetap stabil dan kalaupun mengalami kenaikan tidak terlalu tinggi.

Banjir Genangi Beberapa Wilayah di Bandar Lampung, Ini Imbauan BPBD

"Ya biasanya dari tahun ke tahun kalau udah mau Lebaran, Natal pasti kebutuhan pokok merangkak naik, mudah-mudahan pemerintah tetap bisa menstabilkan itu," pinta ibu dua anak ini.

Hal serupa dikatakan Rahayu, dia berharap kebutuhan pokok tetap stabil, termasuk ketersediaannya.

"Biasanya telur, daging, yang gampang naik pas momen-momen besar. Belum lagi gas. Ya pengennya jangan terlalu tinggi kalaupun naik, biar masyarakat nggak keberatan," tutur karyawan swasta ini.(Tribunlampung.co.id/Sulis Setia M)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved