Kisah Mahasiswa Unila Juara 2 Nasional Business Plan

Mereka berharap dengan adanya business plan itu, wisata, kuliner, dan lain-lain di Lampung bisa terangkat.

Kisah Mahasiswa Unila Juara 2 Nasional Business Plan
Dok Unila
Bagoes, Anggi, dan Armi memegang piala kemenangan mereka pada ajang National Business Plan Competition EFFECT 2019 di Universitas Sebelas Maret Solo-Surakarta, 1 Desember 2019. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tiga mahasiswa Universitas Lampung berhasil meraih peringkat kedua ajang National Business Plan Competition EFFECT 2019 di Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) pada 1 Desember 2019 lalu.

Tiga mahasiswa Universitas Lampung yang mengikuti National Business Plan Competition EFFECT 2019 itu adalah Anggi Reftiana (Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP), Bagoes Fikri Heikhal Erwin Syachrannie (Jurusan Matematika FMIPA), dan Armi Asih (Jurusan Bahasa Prancis FKIP).

Anggi menceritakan, National Business Plan Competition EFFECT 2019 bertemakan Peran Generasi Milenial Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Era 4.0. Anggi mengetahui ada National Business Plan Competition EFFECT 2019 dari @infolomba.

Lalu Anggi mengajak Bagoes dan Armi untuk ikut dalam lomba itu. Sesuai dengan tema lomba mereka pun memutuskan untuk membuat business plan bidang teknologi dengan judul Tour n Trip (TnT) Inovasi Bidang Industri Pariwisata Sebagai Sarana Optimalisasi Potensi Wisata Daerah yang Sustainable Pada Revolusi Industri 4.0

Dalam business plan itu ada paket berisi homestay, kuliner, wisata yang dikunjungi, edukatif, dan guide lokal.

Business plan itu dipilih karena mereka melihat di Lampung masih banyak wisata yang belum terekspose.

Prof Kamal Deklarasikan Unila Sebagai Kampus Peduli Inklusif

Kisah Warsito Edukasi Petani Kopi, Tidur di Hutan hingga Bertemu Binatang Buas

Mereka berharap dengan adanya business plan itu, wisata, kuliner, dan lain-lain di Lampung bisa terangkat.

Abstrak business plan itu dikirimkan 15 Oktober 2019, dua hari sebelum batas pengiriman abstrak. Pengiriman dilakukan siang hari. Lalu 15 menit sebelum batas pengiriman berakhir, mereka baru mengirimkan uang pendaftaran, karena baru tahu ada uang pendaftaran.

Pada 22 Oktober 2019, mereka dinyatakan lolos Abstrak dan harus mengirimkan full paper paling lambat 29 Oktober 2019. Setelah itu pada 6 November 2019, full paper mereka dinyatakan lolos dan 16 November 2019, mereka diumumkan masuk dalam 10 finalis terbaik, dan diundang untuk hadir di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS 30 November-1 Desember 2019.

Setelah pengumuman itu keluar, hingga 27 November 2019, mereka tidak pernah bertemu karena kesibukan masing-masing. Mereka hanya komunikasi lewat grup what's app mengenai apa yang dibicarakan dalam presentasi 30 November 2019. Mereka baru bertemu 28 November 2019 saat akan berangkat ke Solo menggunakan bus.

Halaman
12
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved