Bupati Pesibar Agus Istiqlal Paparkan Strategi Pariwisata di Pertemuan BEM FEB se-Indonesia di Unila

Agus Istiqlal menjelaskan Sumber Daya Alam bukan satu-satunya yang harus dioptimalkan dalam pengembangan Pariwisata di daerah. Karena ada hal lain

Bupati Pesibar Agus Istiqlal Paparkan Strategi Pariwisata di Pertemuan BEM FEB se-Indonesia di Unila
dok tribun
Pertemuan BEM FEB se-Indonesia bertema "Indonesia Berdialog" Digelar di Gedung Pascasarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung, Selasa (3/12/2019). Dalam kegiatan menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menjadi pembicara pada Kegiatan Pertemuan BEM FEB se-Indonesia bertema "Indonesia Berdialog" di Gedung Pascasarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung, Selasa (3/12/2019).

Agus Istiqlal dalam pemaparannya menjelaskan mengenai perjuangan mengembangkan potensi wisata di Pesisir Barat, melaui strategi membangun pariwisata, hingga keunggulan pariwisata Pesisir Barat.

“Pesisir Barat punya beberapa program pengembangan pariwisata, seperti program pengembangan destinasi pariwisata, dari sarana dan fasilitas di tempat wisata. Kemudian, program pengembangan pemasaran pariwisata dengan mengedukasi masyarakat," kata Agus Istiqlal.

Kemudian lanjut dia, program pelestarian kebudayaan daerah, program pengembangan pemberdayaan dan SDM pariwisata, terakhir program pengembangan ekonomi kreatif. 

Bupati Pesibar Agus Istiqlal Paparkan Strategi Pariwisata di Pertemuan BEM FEB se-Indonesia di Unila
Bupati Pesibar Agus Istiqlal Paparkan Strategi Pariwisata di Pertemuan BEM FEB se-Indonesia di Unila (dok tribun)

Agus Istiqlal menjelaskan Sumber Daya Alam bukan satu-satunya yang harus dioptimalkan dalam pengembangan Pariwisata di daerah. Karena ada hal lain yang harus dioptimalkan yakni  kebudayaan yang beragam.

"Keberagaman adalah kekuatan. Keberagaman budaya suatu daerah akan mampu memaksimalkan potensi Sumber Daya Alam sehingga akan memajukan perekonomian," ujar Agus istiqlal

Bupati Pesibar Agus Istiqlal Paparkan Strategi Pariwisata di Pertemuan BEM FEB se-Indonesia di Unila (dok tribun)
Bupati Pesibar Agus Istiqlal Paparkan Strategi Pariwisata di Pertemuan BEM FEB se-Indonesia di Unila (dok tribun) 

Menurutnya Kekayaan alam dan budaya juga akan mampu dibangun secara optimal apabila pemerataan pembangunan terwujud. "Diperlukan campur tangan pemerintah mewujudkan pemerataan sehinga pada akhirnya kemajuan pariwisata dapat dinikmati semua masyarakat," tandasnya.

Agus Istiqlal juga menjelaskan strategi-strategi yang dilakukan pemerintah Pesisir Barat dalam membangun pariwisata. Pertama menurutnya, daerah tersebut harus memiliki program unggulan, atau keunikan yang khas yang bisa diperkenalkan ke masyarakat luas.

"Strategi kedua Pemerintah harus hadir mengatur. Dan ada integrasi antara semua pihak dalam membangun pariwisata daerah. Semua aspek harus saling mendukung dan berkoordinasi" tambahnya. 

Sementara itu Dekan FEB Unila saat wawancara mengatakan dialog kali ini membahas bagaimana Provinsi Lampung dalam pengembangan patiwisata dan ekonomi kreatif sesuai program kerja Gubernur Arinal yaitu Lampung berjaya melalui pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Seperti dijelaskan oleh Bupati Pesisir Barat hari ini mengenai upaya, strategi, dan permasalahannya. Tentunya kalau Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maju maka perekonomian juga akan bergerak maju yang melibatkan seluruh masyarakat." Tambah Satria.

Menurutnya, Masyarakat Lampung sangat berpotensi karena kaya akan Sumber Daya Alam. Apabila dikelola dengan baik maka akan mendatangkan tutlris mancanegara dan multiplayer effectnya tentunya bukan hanya objek wisata namun berpengaruh pada sektor lain di kehidupan ekonomi masyarakat.

Satria Bangsawan menambahkan kegiatan tersebut mengangkat tema upaya Indonesia keluar dari middle income track, untuk meningkatkan perekonomian indonesia melaui pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dihadiri perwakilan BEM 38 Universitas dari berbagai wilayah Indonesia 

Pada hari kedua acara pertemuan BEM FEB se-Indonesia diisi dialog hadir sebagai pembicara Bupati Pesisir Barat dan Bupati daerah lain yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata. (*)

Penulis: Romi Rinando
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved