Tribun Tulangbawang Barat

45 Tiyuh di Tubaba Ikut Deklarasi Setop BAB Sembarangan

Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) setop buang air besar sembarangan, Kamis (12/12).

45 Tiyuh di Tubaba Ikut Deklarasi Setop BAB Sembarangan
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN HIGIENIS - Guna mengubah perilaku warga menjadi sehat dan higienis, Pemkab Tubaba dan 45 tiyuh menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) setop buang air besar sembarangan, Kamis (12/12) 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) setop buang air besar sembarangan, Kamis (12/12). Deklarasi diikuti 45 tiyuh (desa) dari sembilan kecamatan, dan berlangsung di aula kantor pemkab.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Fauzi Hasan, Asisten I Bidang Pemerintahan, pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas lingkup Kabupaten Tubaba

Fauzi Hasan mengatakan, meskipun kegiatan ini sederhana, namun ini merupakan kampanye besar bagi Kabupaten Tubaba. Sehingga dengan deklarasi ini bisa mengubah perilaku yang kurang baik.

"Saya menyampaikan terima kasih dengan jajaran dinas kesehatan, TNI/Polri dan masyarakat yang telah menghilangkan kebiasaan buang air besar sembarangan ini. Pembangunan di Tubaba tidak hanya mengandalkan pemerintah, tapi juga dari seluruh masyarakat," terang Fauzi Hasan.

Dua Kecamatan di Bandar Lampung Jadi Percontohan Bebas BAB Sembarangan

Dia menargetkan awal tahun 2020 nanti 35 tiyuh yang tersisa bisa menyepakati setop BAB Sembarangan. "Kita berharap kabupaten ODF pada 2020 bisa tercapai," terang Fauzi.

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan Majril menyampaikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku hygiene.Dan juga sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Ini sesuai Permenkes No 3 Tahun 2014 dan Perbup Tubaba No 44 Tahun 2018 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

"Sampai saat ini, kita telah mendeklarasikan 23 tiyuh sebelumnya dari 103 tiyuh. Dan kini kita akan mendeklarasikan 45 tiyuh, sehingga tersisa 35 tiyuh lagi. Sehingga tahun 2020 nanti Tubaba bisa mencapai kabupaten yang ODF," kata Majril.

Ketua Tim Verifikasi Agus Setyo Widodo mengatakan, upaya ODF ini telah dilakukan sejak 2013.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved