Breaking News:

Tribun Metro

Hasil Reses Anggota DPRD, Warga Metro Timur Minta Penanganan Banjir

Warga Metro Timur meminta rencana pembangunan di wilayah setempat berhubungan dengan antisipasi dan penanganan banjir.

TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
RESES - Anggota DPRD menggelar reses menyerap aspirasi warga di di Kantor Kecamatan Metro Timur, Senin (16/12). 

Hasil Reses Anggota DPRD, Warga Metro Timur Minta Penanganan Banjir 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Warga Metro Timur meminta rencana pembangunan di wilayah setempat berhubungan dengan antisipasi dan penanganan banjir.

"Dari hasil reses ke masyarakat di Metro Timur, rata-rata usulan yang paling menyolok ini soal khawatir banjir," ujar Basuki, anggota DPRD Metro dari Dapil Metro Timur saat reses di Kantor Kecamatan Metro Timur, Senin (16/12).

Ia mencontohkan di Jalan Pala terdapat daerah yang kerap menjadi genangan air saat debit air hujan tinggi. Sehingga harus ada solusi agar genangan air tersebut tidak lagi terjadi setiap musim hujan.

Tahun Depan DPRD Metro Hanya Bahas 12 Raperda

"Di situ kan ada di tengah, daerahnya menurun. Jadi tergenang karena kanan kirinya lebih tinggi. Kita usulkan untuk dibuat drainase membelah sawah itu. Jadi air bisa mengalir. Cuma, warga juga harus rapat dulu, agar tanah dihibahkan," bebernya.

Basuki mengaku, wilayah di Jalan ABRI dan Jalan Pala atau wilayah yang dialiri tersier, bisa menjadi fokus perbaikan. Karena berpotensi banjir dan banyak terjadi sedimentasi. Sehingga perlu perbaikan untuk meminimalisir genangan air.

Sementara Suradi perwakilan warga Iringmulyo berharap, usulan masyarakat bisa segera direalisasikan. Mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan. Dikhawatirkan dengan tidak ada perbaikan pada tersier atau gorong-gorong banjir bisa kembali terjadi.

"Kita minta agar pembangunan jalan lingkungan yang rusak dan belum tersentuh bisa dianggarkan. Karena cukup banyak jalan lingkungan yang mengalami kerusakan," harapnya.

Jadi Catatan DPRD

Anggota DPRD Metro dari Dapil Metro Timur Basuki mengaku setiap usulan warga akan menjadi perhatian dan catatan dewan saat pengusulan anggaran pembangunan.

"Tapi memang tidak bisa cepat, karena anggaran tahun depan kan sudah kita sahkan. Tapi dalam APBD 2020, beberapa usulan warga itu juga sudah ada yang masuk. Usulan reses ini pasti kita input nanti saat rapat dengan Pemkot," tukasnya.

Tondi Nasution Resmi Jadi Ketua DPRD Metro Periode 2019-2024

Ia menambahkan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan juga perlu ditingkatkan. Sehingga terjadi kesinambangan antara pembangunan dan pemiliharaan bersama-sama sesuai peran masing-masing.

"Dan usulan ini kita minta juga dibawa saat Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan. Kami juga akan kawal dan bawa. Kalau bisa pada APBD Perubahan 2020 atau saat pembahasan APBD 2021," tuntasnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved