Tribun Tulangbawang

Jelang Operasi Lilin Krakatau 2019, Puluhan Sopir Bus dan Travel Tes Urine

Puluhan sopir bus dan travel yang beroperasi di wilayah Tulangbawang menjalani tes urine dadakan oleh Polres Tulangbawang, Rabu (18/12).

TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
TES URINE - untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas selama Natal dan Tahun Baru 2020, Polres Tuba mengecek kesehatan dan tes urine puluhan sopir bus dan travel di depan Pool Puspa Jaya Unit II, Kecamatan Banjar Agung, Rabu (18/12). 

Jelang Operasi Lilin Krakatau 2019, Puluhan Sopir Bus dan Travel Tes Urine

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Puluhan sopir bus dan travel yang beroperasi di wilayah Tulangbawang menjalani tes urine dadakan oleh Polres Tulangbawang, Rabu (18/12).

Tes urine yang berlangsung di depan Pool Puspa Jaya Unit II, Kecamatan Banjar Agung itu untuk mengecek kesehatan fisik para sopir jelang Natal dan tahun baru 2020.

Pemkot Metro Gelar Tes Urine Mendadak ke ASN, Wali Kota: Pegawai Tahunya Rapat Evaluasi Kinerja

"Ini (tes urine) dalam rangka menghadapi Operasi Lilin Krakatau 2019. Kami bersama instansi terkait melakukan pengecekan kesehatan para sopir bus dan travel di wilayah Tuba untuk memastikan kesehatan mereka," terang Kapolres Tuba AKBP Syaiful Wahyudi. "Kesehatan para sopir dan kelaikan fisik kendaraan ini penting, karena ini menyangkut keselamatan penumpang," papar Syaiful.

Ada sebanyak 35 orang sopir bus dan travel yang disidak kesehatannya oleh petugas kepolisian. Rinciannya, 25 sopir mendapat pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis oleh tim kesehatan Polres Tuba, dan 10 orang sopir lainnya diambil sampel urine secara acak.

"Untuk sementara belum ditemukan adanya sopir bus dan travel yang mengonsumsi narkoba," beber mantan Kapolres Pesawaran ini.

Kapolres mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kondisi sopir bus yang mengkonsumsi narkoba atau terganggu kesehatannya.

Kegiatan ini dihadiri Kasi Propam Ipda Wagimin, KBO Satresnarkoba Ipda Abdullah, Kanit Turjawali Satlantas Ipda Budiyono, Tim Kesehatan Polres dan Kasi Keselamatan Angkutan Darat Dishub Tuba Apriza bersama tim. 

Selain tes urine, Polres Tuba bersama instansi terkait lainnnya juga melakukan uji kelaikan kendaraan angkutan umum di wilayah Tuba."Untuk kondisi fisik kendaraan semuanya dinyatakan laik jalan," kata Kapolres Tuba AKBP Syaiful Wahyudi

Upaya pemeriksaan Ini dilakukan guna memastikan bagaimana kondisi kendaraan angkutan umum yang akan digunakan untuk mengangkut masyarakat yang akan merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved