Breaking News:

Tribun Metro

24 Napi Diusulkan Dapat Remisi Natal

Sebanyak 24 narapidana lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kota Metro diusulkan mendapat remisi Natal dan Tahun Baru 2020.

net
Ilustrasi - Remisi 

24 Napi Diusulkan Dapat Remisi Natal

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Sebanyak 24 narapidana lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Kota Metro diusulkan mendapat remisi Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Lapas Kelas II A Kota Metro Ismono menjelaskan, dari 24 narapidana, 3 di antaranya beragama nasrani. Karenanya, pemberian remisi termasuk dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru.

90 Petugas Lapas Metro Dites Urine

"Kita memberikan remisi kepada warga binaan yang beragama nasrani. Selain untuk napi non muslim, pemberian remisi telah diusulkan sejak 17 Desember 2019 juga untuk napi kasus pidana umum," bebernya, Kamis (19/12).

Adapun warga binaan yang diusulkan kasusnya bervariasi. Tapi program hanya diperuntukkan bagi warga binaan kasus tindak pidana umum. Pidana khusus seperti narkoba, korupsi, dan terorisme tidak mendapatkan program crash program.

Menurutnya, pemberian remisi sebagai upaya meminimalisir persoalan terbesar di lembaga pemasyarakatan terkait over kapasitas. Secara umum untuk pemasyarakatan, lapas dan rutan di seluruh indonesia memang sudah over kapasitas.

Delapan Napi Lapas Metro Hari Ini Dihadiahi Remisi Bebas

"Khusus di Metro kapasitasnya 490 orang tapi sekarang dihuni 574 orang. Untuk mengurangi over kapasitas ini salah satu upaya direktorat jenderal pemasyarakatan melalui surat edarannya tentang pelaksanaan program pemberian cuti bersyarat, cuti menjelang bebas dan pembebasan bersyarat," bebernya.

Melalui program tersebut diharapkan dapat menjadi jawaban atas persoalan over kapasitas di penjara.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved