Tribun Bandar Lampung

KPU Bandar Lampung Gelar Sosialisasi Penerapan e-Rekap

KPU Bandar Lampung akan menerapkan rekapitulasi suara secara elektronik atau e-rekap dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Tribunlampung.co.id/Kiki
KPU Bandar Lampung Gelar Sosialisasi Penerapan e-Rekap 

Laporan Reporter Tribunlampung Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung menggelar workshop Pilkada Bandar Lampung Outlook 2020 dengan tema menjaga kepercayaan public trust dan partidipasi pemilih melalui rekap elektronik (e-Rekap).

Workshop tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Bukit Randu Tanjung Karang Bandar Lampung, Kamis (19/12/2019).

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Dedi Triadi mengatakan, KPU Bandar Lampung akan menerapkan rekapitulasi suara secara elektronik atau e-rekap dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Menurutnya, polling atau hitung cepat pemilu dengan miniatur e-rekap ini memeberikan dampak positif dalam penyelenggaraan Pilkada 2020.

"Iya ini bagian dari tahapan sosialisasi kita, penerapan e-rekap ini memberikan dampak positif pertama efisiensi anggaran dan akuntabilitas suara," jelasnya.

Dengan e-rekap, kata dia, jumlah data yang dikirim hanya berupa sampling, foto plano yang ada diseluruh TPS Bandar Lampung.

Untuk itu, saat ini pihaknya sedang melakukan kajian untuk memperkuat kemampuan koneksi jaringan internet pada lokasi TPS yang akan menerapkan sistem e-rekap.

"Ini penting lantaran e-rekap hanya dapat dioperasikan jika koneksi internet berjalan dengan baik," sebutnya.

Dedi menjelaskan, Proses perhitungan suara melalui e-rekap bukanlah sebagai penentu hasil akhir dari pemungutan suara.

Akan tetapi, sistem e-rekap diperkirakan dapat lebih maksimal dari quick count.

"Jadi e-rekap ini sesuai dengan seluruh data-data yang ada di TPS, berbeda dengan quick count yang hanya menggunakan sampel berapa persennya," terang dia.

Dengan demikian, terus Dedi, Workshop ini di gelar sebagai fungsi publik hearing agar KPU Bandar Lampung bisa melaksanakan tugas dengan baik.

"Workshop ini sebagai publik hearing dan sekaligus sharing, disini kami bisa menjadi pendengar yang baik sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik," kata dia.(Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved