Tribun Metro

Polisi Musnahkan 390 Liter Tuak dan Ratusan Botol Miras

Polres Kota Metro memusnahkan ratusan botol minuman keras (miras) berbagai merek hasil Operasi Cempaka Krakatau 2019.

Polisi Musnahkan 390 Liter Tuak dan Ratusan Botol Miras
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
musnahkan miras - Polres Metro memusnahkan barang bukti miras berbagai merek dan tuak hasil Operasi Cempaka Krakatau di mapolres, Kamis (19/12). 

Polisi Musnahkan 390 Liter Tuak dan Ratusan Botol Miras

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Polres Kota Metro memusnahkan ratusan botol minuman keras (miras) berbagai merek hasil Operasi Cempaka Krakatau 2019.

Kapolres Metro Ajun Komisaris Besar Retno Prihawati mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan didapat selama Operasi Cempaka yang digelar dari 25 November sampai 5 Desember 2019 di wilayah hukum Polres Metro.

Selain miras berbagai merek, polisi juga mengamankan 390 liter minuman tradisional beralkohol jenis tuak yang turut dimusnahkan. Miras dan tuak didapat dari sejumlah kios di wilayah Bumi Sai Wawai.

"Jadi, hasil operasi kemarin, kita mengamankan dan memusnahkan 379 botol miras berbagai merek dengan kadar alkohol di atas 14,5 persen serta 390 liter tuak," timpal Kasat Reskrim Ajun Komisaris Gigih Andri Putranto saat pemusnahan di halaman Mapolres, Kamis (19/12).

Operasi Cempaka, Polres Tanggamus Sita Ratusan Botol Miras

Gigih mengungkapkan, miras rata-rata dari pengecer di seluruh Metro. Pihaknya tidak menemukan distributor di wilayah Bumi Sai Wawai. "Dan dari operasi yang kita lakukan sebelumnya, tidak ada yang kita amankan. Kita hanya melakukan pembinaan terhadap para penjual miras," tandasnya.

Ia mengimbau, agar pemilik warung tidak lagi menjual atau turut mengedarkan miras maupun tuak di wilayah setempat. Serta turut berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Metro.

Adapun pemusnahan ratusan botol miras dilakukan dengan menggilas menggunakan alat berat. Kapolres dan Wali Kota Achmad Pairin mengawali pemusnahan dengan melemparkan botol miras ke bagian roda alat berat.

38 Obyek Vital

Sebanyak 277 personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Lilin Krakatau 2019 di wilayah Kota Metro. Aparat akan melakukan pengamanan pada 38 obyek vital.

Kapolres Metro Ajun Komisaris Besar Retno Prihawati menjelaskan, 38 obyek vital adalah rumah ibadah dan tempat wisata. "Lokasi pengamanan pada 17 Gereja, 2 tempat ibadah perayaan Natal, 10 pusat perbelanjaan, 2 obyek lokasi perayaan tahun baru, 2 terminal, dan 5 destinasi wisata," bebernya.

Polisi Sita 46 Botol Miras dan 40 Liter Tuak di Pulau Panggung dan Cukuh Balak

Ia mengaku, lokasi vital akan dijaga ketat oleh 277 personil gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, dan Organisasi Kemasyarakatan. Dengan tujuan, perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Metro berjalan lancar dan kondusif.

Pengamanan melibatkan Personil Gabungan yang terdri dari 83 personil Polres Metro, 30 personil TNI Kodim 0411/LT, 24 personil Dishub, 20 petugas Damkar, 30 tenaga kesehatan, 10 anggota Sarpol PP, dan 80 orang dari Pramuka, Senkom dan BPBD Metro.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved