Public Service

Rumah Sakit Tak Berikan Rekam Medis Pasien

Apa hukumnya bila pihak rumah sakit atau dokter tidak mau memberikan isi rekam medis kedokteran bila seorang pasien rumah sakit atau keluarganya

Rumah Sakit Tak Berikan Rekam Medis Pasien
Istimewa
Gindha Ansori Wayka 

Rumah Sakit Tak Berikan Rekam Medis Pasien

Yth Pengamat Hukum. Apa hukumnya bila pihak rumah sakit atau dokter tidak mau memberikan isi rekam medis kedokteran bila seorang pasien rumah sakit atau keluarganya memintanya?

Pengirim: +6285279630xxx

Izin Praktik Bisa Dicabut

Rekam medis meruoakan berkas berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan berdasarkan ketentuan Permenkes No 269/MENKES/PER/III/2008.

Dalam praktik sehari-hari seorang dokter dan dokter gigi harus mematuhi ketentuan sebagaimana yang diatur di dalam UU No 29/2004 tentang Praktik Kedokteran.

Kembalikan Barang Curian Tetap Dipidana?

Terkait rekam medis, di dalam Pasal 46 ayat (1) dan Ayat (2) UU No 29/2004 dijelaskan setiap dokter atau dokter gigi dalam menjalankan praktik kedokteran wajib membuat rekam medis dan rekam medis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus segera dilengkapi setelah pasien selesai menerima pelayanan kesehatan.

Di samping itu, berdasarkan Pasal 47 Ayat (1) dan Ayat (2) UU No 29/2004 keberadaan dokumen rekam medis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 merupakan milik dokter, dokter gigi, atau sarana pelayanan kesehatan.

Hack Facebook Termasuk Kejahatan Cyber?

Sedangkan isi rekam medis merupakan milik pasien dan rekam medis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus disimpan dan dijaga kerahasiaannya oleh dokter atau dokter gigi dan pimpinan sarana pelayanan kesehatan.

Dengan demikian rekam medis adalah milik dokter atau dokter gigi dan isi rekam medisnya (ringkasan rekam medis) yang merupakan milik pasien. Hal ini sebagaimana yang diatur dalam Pasal 52 huruf (e) UU No 29/2004 terkait hak dari seorang pasien.

Terkait hukumnya tidak memberikan isi rekam medis (ringkasan rekam medis) tentang penyakit yang diidap dan proses penanganan oleh dokter dan dokter gigi, maka berlaku Pasal 17 Ayat (2) Permenkes No 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis, dimana Pembina dan Pengawas dapat memberikan tindakan administratif yakni teguran lisan, teguran tertulis dan pencabutan izin praktek.

Apabila dokter dan dokter gigi dengan sengaja tidak membuat rekam medis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 ayat (1) UU No 29/2004, di dalam Pasal 79 huruf (b) UU No 29/2004 diancam di pidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Gindha Ansori Wayka SH MH
Akademisi dan Praktisi Hukum di Bandar Lampung

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved