Breaking News:

Pemkab Pesisir Barat Terus Kembangkan Potensi Pariwisata Unggulan di Pesisir Pantai

Selanjutnya pada tahun 2019 ini pemerintah kabupaten pesisir barat akan menyelenggarakan event tahunan bergensi yaitu Kejuaraan Surfing Internasional

Dok Pemkab Pesisir Barat
Salahsatu even yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Pesisir Barat untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID- Kabupaten Pesisir Barat dianugrahi Allah yang maha kuasa dengan kondisi alam nan cantik. Kabupaten ini memiliki garis pantai sepanjang 210 km berbatasan langsung dengan samudera hindia dan memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang potensial dikembangkan.

Pada umumnya pesona dan aktifitas yang ditawarkan pada objek wisata pantai adalah snorkeling, surfing, diving, renang, berlayar, berperahu motor, memancing, berjemur matahari, spooning nooks, menikmati panorama alam, fotografi, berkemah, trekking, dan bersepeda.

Kabupaten Pesisir Barat yang memiliki 31 wisata pantai yang masih perlu dikelola dengan baik, sehingga bisa dijadikan sebagai objek wisata favorit wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara karena keindahan dan ketinggian ombaknya.

bule
Wisawatan Mancanegara menghadiri dan mengenakan pakaian adat Kabupaten Pesisir Barat dalam sebuah acara yang digelar pemerintah Pesbar (dok pemerintah kabupaten pesibar)

Sebagai upaya pengembangan Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dalam rangka mewujudkan destinasi wisata unggulan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat sejak tahun 2017 menyelenggarakan event tahunan yaitu Kejuaraan Surfing International (Krui Pro) yang sudah dilaksanakan mulai tahun 2017 dan tahun 2018.

Selanjutnya pada tahun 2019 ini pemerintah kabupaten pesisir barat akan menyelenggarakan event tahunan bergensi yaitu Kejuaraan Surfing Internasional Krui Pro QS 3000 dimana pada bulan April 2019 ini Kejuaraan Surfing internasional Krui Pro termasuk dalam 100 Calender of Event Kementrian Pariwisata tahun 2019.

even
Event tahunan bergensi Kejuaraan Surfing Internasional Krui Pro QS 3000 yang diselenggarakan Pemkab Pesisir barat. Even ini termasuk dalam 100 Calender of Event Kementrian Pariwisata tahun 2019. (dok pemerintah kabupaten pesibar)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat di tahun 2019 juga memprioritaskan 2 program utamanya, yaitu: Program Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Program Pengembangan Pemberdayaan dan Pengembangan SDM Pariwisata sebagai sebuah usaha untuk menyelaraskan visi dan misi Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Pengembangan destinasi pariwisata melalui Dana Alokasi Khusus Kementrian Pariwisata dipusatkan di Tanjung Setia sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan Pesisir Barat.

Beberapa kegiatan seperti pembuatan gapura, pembangunan pagar pariwisata, pembangunan gazebo, dan pembangunan kios cinderamata dilaksanakan sebagai upaya pemerintah daerah melengkapi sarana dan prasarana di destinasi tersebut.

Sementara itu di Pulau Pisang dilaksanakan pembangunan Nomenklatur Pulau Pisang sebagai salah satu atraksi pariwisata dimana para wisatawan dapat ber-selfie ria. Pembangunan cottage pariwisata dan balai adat juga ditujukan untuk memperkuat sarana dan prasarana di Pulau Pisang.

Selain pembangunan fisik, pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) juga dirasakan perlu untuk menambah value pariwisata tersebut.

Halaman
12
Penulis: Romi Rinando
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved