Breaking News:

Tegal Mas Lampung

Cantiknya Rumah Tradisional Suku Sasak di Pulau Tegal Mas, Siap Huni Saat Perayaan Tahun Baru

Terdapat empat unit bangunan rumah tradisional suku Sasak yang siap difungsikan di Tegal Mas. Ciri khas terlihat dari bentuk atap yang melengkung.

ISTIMEWA
Rumah tradisional Sasak (Lombok, Nusa Tenggara Barat) berdiri di kawasan wisata Pulau Tegal Mas. Bangunan ini sidap dipergunakan pada perayaan Tahun Baru 2020 nanti. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Satu lagi inovasi yang dilakukan oleh pengelola tempat wisata Pulau Tegal Mas di Pesawaran, Provinsi Lampung, menjelang perayaan tahun baru 2020.

Yakni, dengan menghadirkan rumah tradisional Sasak di areal penginapan. Sasak adalah salah satu suku di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pantauan Tribun di lokasi, Kamis (26/12/2019) siang, terdapat empat unit bangunan rumah tradisional suku Sasak yang siap difungsikan. Ciri khas terlihat dari bentuk atap yang melengkung.

Di Lombok, rumah tradisional tersebut disebut Lumbung Sasak. Dalam tradisi suku Sasak, Lumbung merupakan bangunan yang difungsikan untuk menyimpan padi hasil panen atau untuk menyimpan segala kebutuhan.

Rumah tradisional ini kemudian dimodifikasi sehingga bisa dijadikan tempat menginap. Di Pulau Tegal Mas, rumah tradisional ini dibangun dalam dua lantai.

Pulau Tegal Mas Diserbu Pengunjung, Ada yang Naik Kapal Yacht Azimut 80 dari Pantai Mutiara Jakarta

Thomas Riska Berenang Bersama 2 Hiu Paus di Perairan Tegal Mas

Lantai atas bisa dibuat dalam sekat-sekat kamar, sedangkan lantai satu merupakan aula tempat berkumpul atau menjadi tempat acara digelar.

Sebelumnya, pengelola Tegal Mas juga sudah membangun belasan unit rumah dengan mengambil bentuk rumah tradisional suku Sasak, namun hanya satu lantai.

Rumah sasak satu lantai ini ada yang mengapung di atas laut, ada yang berdiri di atas laut, dan ada yang di tepi pantai.

Villa terapung di Pulau Tegal Mas. Kisah Thomas Riska Bangun Pulau Tegal Mas di Lampung yang Penuh Spot Instagramable.
Villa terapung di Pulau Tegal Mas. Kisah Thomas Riska Bangun Pulau Tegal Mas di Lampung yang Penuh Spot Instagramable. (TRIBUN LAMPUNG)

Kehadiran rumah tradisional Sasak tersebut melengkapi kesiapan Pulau Tegal Mas menggelar acara pergantian tahun pada 31 Desember 2019 nanti.

Di antaranya dengan menggelar live music, saxophone, serta atraksi dari DJ Jakarta, Sisi Hatang. Juga digelar acara dinner night.

Halaman
123
Penulis: Andi Asmadi
Editor: Andi Asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved