Kakam di Lampung Tengah Pertanyakan Iuran Sertijab Rp 2 Juta

Untuk kegiatan sertijab di wilayah masing-masing, para kakam terpilih di Lampung Tengah dimintai dana sebesar Rp 2 juta per orang.

Kakam di Lampung Tengah Pertanyakan Iuran Sertijab Rp 2 Juta
Tribun Lampung/Syamsir
Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto melantik 168 kakam terpilih di Nuwo Balak dan Sesat Agung, Gunung Sugih, Kamis (26/12/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNG SUGIH - Sejumlah kepala kampung di Lampung Tengah tak hanya mempertanyakan honor panitia pilkakam serentak.

Mereka juga mempersoalkan dana kegiatan serah terima jabatan (sertijab) kakam terpilih.

Untuk kegiatan sertijab di wilayah masing-masing, para kakam terpilih di Lampung Tengah dimintai dana sebesar Rp 2 juta per orang.

Salah seorang Kakam mengaku diminta iuran untuk kegiatan sertijab.

Namun, ia mempertanyakan penggunaan dana tersebut.

30 Panitia Pilkakam di Lampung Tengah Mengaku Belum Terima Honor

Kapolres: Waspada Serangan Fajar dalam Pilkakam Serentak

"Ya memang ada penarikan Rp 2 juta. Alasannya untuk kegiatan nanti (sertijab) di kecamatan. Kami ya ikut saja. Hanya bertanya untuk apa penggunaannya," kata seorang kakam yang enggan disebut namanya.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengatakan, dana iuran tersebut berdasarkan kesepakatan bersama antara kakam terpilih dan pemerintah daerah.

Menurut Loekman, tidak ada paksaan bagi kakam untuk menyetor atau tidak.

"Tidak ada paksaan. Kalau mau gak apa-apa. Gak mau juga gak apa-apa," ujar Loekman seusai melantik 168 kakam terpilih periode 2020-2026 di Nuwo Balak dan Sesat Agung, Gunung Sugih, Kamis (26/12/2019).  

"Biaya itu juga kan untuk meringankan mereka (kakam terpilih). Biasanya kan kalau kakam terpilih, mereka pesta besar-besaran. Dengan uang itu kan bisa meringankan beban mereka," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: syamsiralam
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved