Tribun Tulangbawang Barat

Pagar Dewa Kawasan Pertama Penerima Bantuan Mantra Pemkab Tulangbawang Barat

Pagar Dewa Kawasan Pertama Penerima Bantuan Mantra Pemkab Tulangbawang Barat

Pagar Dewa Kawasan Pertama Penerima Bantuan Mantra Pemkab Tulangbawang Barat
Tribunlampung.co.id
Bupati Lampung Barat Umar Ahmad berbincang santai dengan Pemimpin Redaksi Tribun Lampung Andi Asmadi di kompleks Islamic Center Tulangbawang Barat Rabu (18/9/2019) 

 Pagar Dewa Kawasan Pertama Penerima Bantuan Mantra Pemkab Tulangbawang Barat 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Program Maju Sejahtera (Mantra) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mulai disalurkan kepada masyarakat yang telah terdata dan berhak menerimanya, Kamis (26/12).

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Yusuf Mansur mengatakan penyaluran tersebut dimulai dari Kecamatan Pagar Dewa, tepatnya di Tiyuh Bujung Sari Marga.

Program Mantra Tubaba Raih KG Lampung Award 2019, Bupati Winarti Terima 2 Penghargaan

"Pengucuran dana perdana program Mantra Tubaba kita lakukan secara sistematis. Pembagian berkala mulai dari Tiyuh Bujung Sari Marga, Pagar Dewa Suka Mulya, Marga Jaya Indah, Tiyuh Cahyou Randu, lalu di Tiyuh Pagar Dewa. Jadi tiga bank penyalur mulai membagikan buku rekening yang sudah berisi bantuan uang sejumlah 500 ribu per penerima," kata Yusuf.

Namun, lanjutnya, dikarenakan sudah di akhir tahun 2019, mungkin sebagian akan diterima masyarakat pada awal Januari 2020 mendatang.

"Dengan adanya bantuan ini semoga bisa membantu Bapak Ibu dalam memanfaatkan sesuai dengan apa yang menjadi harapan Bapak Umar Ahmad selaku Bupati Tubaba," terangnya.

Pendamping Tiyuh Akan Kawal Realisasi Program Mantra

Perwakilan Kepalo Tiyuh yang disampaikan Gunawan Bujung selaku Kepala Tiyuh Bujung Sari Marga, sangat berterima kasih atas program Bupati Umar Ahmad

"Program Bupati yang pelaksanaannya oleh Dinas Sosial Tubaba ini, benar-benar bisa membantu menumbuhkembangkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tubaba," imbuhnya.

Bupati Tubaba Umar Ahmad mengatakan, program mantra Tubaba secara khusus disasarkan untuk anak didik sekolah. Agar tepat sasaran, Umar mengingatkan, penerima bantuan harus benar-benar masuk kriteria miskin. "Sasarannya harus benar-benar miskin, bukan pura-pura," tegas Umar, saat melaunching program maju sejahtera (Mantra) Tubaba belum lama ini. 

Jaminan Sosial Warga

Asisten I Pemkab Tubaba Agus Subagyo menegaskan bahwa program Mantra Tubaba diluncurkan untuk memberikan perlindungan dan jaminan sosial dalam menanggulangi kemiskinan di Tubaba.

"Manfaatnya untuk memberikan income efec. Kemudian Arfek jangka panjang, merubah perilaku keluarga sasaran,memberi perhatian yang besar terhadap pendidikan anak, peningkatan kesehatan, dan mengurangi angka mempekerjaan anak dibawa umur," jelas Agus.

Adapun penyalurannya, berbentuk bantuan sosial non tunai dan bantuan sosial lainnya.
"Supaya tepat sasaran, data dilakuan verifkasi dan validasi oleh pemantra," tegas Agus.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved