Tribun Tulangbawang Barat

Bupati Tulangbawang Barat Ajak Warga Lestarikan Tanaman Enau

Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengajak masyarakat setempat melestarikan tanaman enau di wilayah itu.

Bupati Tulangbawang Barat Ajak Warga Lestarikan Tanaman Enau
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
PENANAMAN - Bupati Tubaba Umar Ahmad ditemani puluhan warga tiyuh melakukan penanaman ratusan pohon aren di Benteng Sabut Tiyuh (Desa) Gunung Katun, Minggu (29/12). 

Bupati Tulangbawang Barat Ajak Warga Lestarikan Tanaman Enau

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengajak masyarakat setempat melestarikan tanaman enau di wilayah itu.

Taman enau merupakan bahan pokok untuk membuat gula aren yang dihasilkan melalui airnya (nira). Gula enau atau gula aren ini dipercaya sebagai gula anti diabetes.

Karena itulah, Umar Ahmad mengajak masyarakat setempat untuk melestarikan tanaman enau dengan melalukan gerakan serentak menanam enau.

Di zaman now penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang menghantui banyak orang Indonesia. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang disebakan karena kadar gula berlebihan di dalam tubuh manusia juga akibat pola makan yang tidak teratur.

Sehingga banyak orang takut mengonsumsi gula, namun tidak dengan yang satu ini.
Enau atau aren adalah jenis pohon yang banyak tumbuh liar di Kabupaten Tulangbawang Barat yang berjuluk Ragem Pai Mangi Wawai.

Pohon aren atau enau adalah jenis pohon yang dapat menghasilkan gula dengan memanfaatkan airnya (nira).

Keberadaan pohon ini tentunya tidak asing bagi masyarakat Tubaba lantaran enau atau aren adalah sumber gula alami yang banyak manfaatnya.

Karena banyak manfaatnya, demi melestarikan pohon aren atau enau Bupati Tubaba Umar Ahmad ditemani puluhan warga tiyuh, melakukan penanaman ratusan pohon aren di Benteng Sabut Tiyuh (Desa) Gunung Katun, Minggu (29/12).

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved