Tribun Metro

Tahun 2019 Kota Metro Panen Gabah 48 Ribu Ton

Petani di Metro telah memanen hasil padi dan menunjukan produktivitas hasil gabah yang cukup banyak.

tribunlampung
Ilustrasi Panen raya padi 

Tahun 2019 Kota Metro Panen Gabah 48 Ribu Ton

Laporan Reporter Tribun Lampung Bayu Saputra 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Petani di Metro telah memanen hasil padi dan menunjukan produktivitas hasil gabah yang cukup banyak.

Wali Kota Metro Achmad Pairin, Rabu (1/1), mengatakan, tahun ini total capaian panen petani mencapai 48 ribu ton gabah.

"Alhamdulillah kita bisa melampui target panen yang diberikan pak gub, ini hasil panen kita dalam setahun pada musim tanam ketiga," katanya pasca menghadiri panen raya di Hadimulyo Timur

Pairin mengatakan, dengan luas lahan 2.980 ha dengan rata-rata produktivitas 6 ton per hektare, maka target produksi pada tahun 2019 diprediksi sekitar 35.760 ton gabah.

Bupati Pesisir Barat Hadiri Acara Panen Padi Bersama di Kecamatan Karya Penggawa

Hal ini dikarenakan, pada tahun 2019 sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami musim kemarau yang cukup panjang.Sehingga di Kota Metro juga hanya dapat bertanam padi 2 kali setahun yang biasanya sampai 3 kali setiap tahunnya.

Dilanda Musim Kemarau, Panen Padi di Lampung Barat Turun 50 Persen

"Untuk mencapai target hasil produksi pertanian sebagaimana yang kita harapkan, kita memerlukan partisipasi dari semua pihak. Hal itu dapat dilakukan dengan berkoordinasi, melakukan bimbingan, menyediakan subsidi benih, pupuk, alat dan mesin pertanian serta pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang rendah," tutup Pairin

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Metro Heri Wiratno mengatakan, panen padi di Metro dimulai dari 26 Desember 2019 dan akan berakhir pada akhir Januari 2020. Panen sudah dimulai dari 26 Desember di antaranya di daerah Metro Utara, Metro Selatan, dan Metro Pusat.(byu)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved