Tribun Lampung Tengah

Dishub Lamteng Jadi yang Pertama Terapkan Smart Card Pada Pelayanan PKB

Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Tengah secara resmi menerapkan penerbitan Smart Card sebagai Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe)PKB.

Dishub Lamteng Jadi yang Pertama Terapkan Smart Card Pada Pelayanan PKB
Tribunlampung.co.id/Syamsir
Pelayanan Smart Card pelayanan uji kir di Dinas Perhubungan Lamteng 

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,GUNUNGSUGIH - Pertama dan satu-satunya di Provinsi Lampung, Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Tengah secara resmi menerapkan penerbitan Smart Card sebagai Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) pengujian kendaraan bermotor (PKB).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Lampung Tengah, Syukur Kersana saat melakukan uji kelaikan kendaraan (KIR) secara elektronik di kantor Dishub setempat mengatakan, program tersebut dimulai awal tahun ini.

"Secara resmi per 1 Januari 2020 ini kita mulai menerbitkan Smart Card atau kartu pintar sebagai BLUe untuk menggantikan Buku Kartu Uji Berkala (KIR) yang lama," terang Syukur Kersana, Jumat (3/1/2020).

Ia melanjutkam, alasan penggunaan BLUe, karena buku uji berkala yang lama kerap dipalsukan.

Selain itu, penggunaan Smart Card juga untuk menghindari praktik percaloan di lingkungan Dishub.

Smart Card lanjutnya, dilengkapi dengan tiga komponen dan menjadi yang pertama di Provinsi Lampung yang melaksanakan penerbitan kartu pintar secara utuh.

"Smart Card sudah dilengkapi dengan tiga bahan langsung yaitu smart card-nya, hologram dan stiker. Dishub Lamteng menjadi yang pertama di provinsi Lampung yang menerbitkan smart card secara utuh," bebernya.

Di dalam BLUe lanjutnya, memuat seluruh data hasil uji KIR setiap kendaraan yang bisa dicek melalui Scan Barcode, dan terintegrasi langsung dengan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

"Dengan menggunakan Smart Card, data tidak bisa dipalsukan dan petugas bisa mengetahuinya melalui scan barcode yang di dalamnya memuat semua data hasil uji KIR secara nasional," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: syamsiralam
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved