Public Service

Beli Rumah SHM Cukup Pakai Kuitansi Bermaterai?

apakah membeli rumah berstatus SHM hanya dengan menggunakan kuitansi bermaterai sudah sah dan legalitasnya diakui negara?

Beli Rumah SHM Cukup Pakai Kuitansi Bermaterai?
Istimewa
Gindha Ansori Wayka 

Beli Rumah SHM Cukup Pakai Kuitansi Bermaterai?

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia M 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth pengamat hukum. Saya ingin bertanya apakah membeli rumah berstatus SHM hanya dengan menggunakan kuitansi bermaterai sudah sah dan legalitasnya diakui negara?

Pengirim +62857 24581xxx

Sertakan Akta Jual Beli

Jual beli merupakan perbuatan subjek hukum terhadap suatu objek hukum, jual beli diperkenankan oleh hukum atas objek dengan alasan yang halal (dibenarkan secara hukum). Jual beli merupakan perbuatan dua orang atau lebih atas suatu objek yang dibutuhkan di dalam hidup masyarakat.

Cara Pembuatan Akta Jual Beli

Berdasarkan pasal 1457 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata), jual beli adalah suatu persetujuan dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan suatu barang, dan pihak yang lain untuk membayar harga yang dijanjikan.

Selain itu di dalam Pasal 1458 KUHPerdata, jual beli dianggap telah terjadi antara kedua belah pihak, segera setelah orang-orang itu mencapai kesepakatan tentang barang tersebut beserta harganya, meskipun barang itu belum diserahkan dan harganya belum dibayar.

Cara Urus Akta Jual Beli Tanah

Akan tetapi sebelum melakukan jual beli, harus diketahui terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan jual beli di antaranya Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Pengikatan Jual Beli (PJB), dan Akta Jual Beli (AJB).

Apabila membeli suatu objek hukum para pihak hendaknya menggunakan ketiga hal di atas agar memudahkan para pihak dalam menghadapi hal apapun berkaitan dengan sengketa dalam jual beli.

Penggunaan kwitansi hanya sebagai tanda terima atau bukti pembayaran saja, karena harus ditindaklanjuti dengan Akta Jual Beli, agar lebih terjamin hak para pihak dan adanya kepastian hukum.

Gindha Ansori Wayka SH MH
Akademisi dan Praktisi Hukum di Bandar Lampung

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved